Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jadwal dan Live Streaming Gerhana Matahari Sebagian 30 April 2022

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam yang terjadi akibat dari bayang-bayang bulan mengenai bumi, saat cahaya matahari siang hari terhalang oleh bulatan bulan.
Gerhana matahari sebagian akan terjadi pada 30 April/Reuters
Gerhana matahari sebagian akan terjadi pada 30 April/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Gerhana Matahari Sebagian akan muncul kembali perdana di tahun 2022 pada, Sabtu 30 April 2022. Diperkirakan gerhana ini dapat disaksikan dari Antartika, ujung selatan Amerika Selatan, dan lautan Pasifik dan Atlantik meski memiliki zona visibilitas terbatas.

Gerhana matahari sebagian ini akan terjadi mulai pukul 14.45 EDT waktu setempat atau 01.45 WIB pada 1 Mei 2022. Sedangkan, puncak terjadinya gerhana pukul 16.41 EDT waktu setempat atau 03.41 WIB.

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam yang terjadi akibat dari bayang-bayang bulan mengenai bumi, dimana cahaya matahari yang menuju bumi pada siang hari terhalang oleh bulatan bulan. Namun, dalam fenomena yang terjadi pada tanggal 30 April nanti, bayangan bulan tidak menutup sempurna Matahari.

Karena jika tertutup sempurna, maka yang terjadi adalah gerhana matahari total. Sedangkan di tahun ini, tidak akan ada gerhana matahari total, karena fenomena itu terjadi pada 2023.

Gerhana matahari sebagian selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober. Kemudian, gerhana bulan total mengikuti gerhana matahari sebagian bulan ini hanya dua minggu nanti pada 16 Mei mendatang

Untuk gerhana yang akan terjadi pada akhir bulan April ini sayangnya tidak dapat terlihat di Indonesia. Sebab, fenomena ini hanya dapat disaksikan hanya di daerah Antartika, ujung selatan Amerika Selatan, dan laut Pasifik. 

Namun, tidak perlu khawatir bagi negara yang masyarakatnya tidak dapat untuk melihat fenomena Gerhana Matahari pada tanggal 30 April nanti dapat melihat lewat tayangan streaming yang biasanya akan disajikan oleh Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA). 

Lewat akun youtube resminya, NASA biasanya akan menayangkan proses terjadinya fenomena ini kepada khalayak yang tidak dapat menyaksikan langsung fenomena alam ini di negara mereka masing-masing.


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper