Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selamatkan Masa Depan Anak, Lewat Kampanye Aksi Generasi Iklim

Permasalahan iklim menjadi permasalahan yang riskan jika tidak cepat ditangani atau dibiarkan begitu saja.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 23 April 2022  |  16:21 WIB
Ilustrasi perubahan iklim - Istimewa
Ilustrasi perubahan iklim - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kampanye Save The Children bertujuan untuk memastikan anak-anak dan keluarga terutama yang terdampak krisis iklim, guna memperkuat sistem dan perubahan iklim yang berpihak pada anak.

Selina Patta Sumbung, Ketua Pengurus Yayasan  Save the Children Indonesia mengatakan bahwa penurunan emisi seharusnya berjalan beriringan dan saling melengkapi dengan upaya  penurunan risiko dan meningkatkan kapasitas adaptasi pada anak.

“Untuk itu, Save the Children Indonesia menggandeng berbagai pihak dan KLHK serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk bersama-sama melakukan aksi adaptasi melalui Aksi Generasi Iklim,” ungkapnya, Jumat (23/4/2022).

Dia mengungkapkan bahwa permasalahan iklim menjadi permasalahan yang riskan jika tidak cepat ditangani atau dibiarkan begitu saja. Secara nasional, hasil prediksi iklim sepuluh tahunan menunjukkan bahwa akan terjadi pengurangan jumlah curah hujan selama El Nino. 

Berdasarkan prediksi peluang terjadinya peristiwa cuaca kering ekstrim pada 2020-2025, beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrim di atas normal (Bappenas 2018). 

Pada 2020, Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kejadian bencana menyebutkan terdapat sebanyak 4.650 total kejadian bencana alam dan 99,2 persen merupakan kejadian bencana yang berasosiasi dengan faktor iklim dan cuaca.

Dalam sesi diskusi pada kampanye ini juga menyinggung bagaimana peran pemerintah, media, komunitas lingkungan, dan public figure untuk dapat memberikan informasi lebih dalam dan juga mengenalkan permasalahan iklim kepada masyarakat luas.

Contohnya saja, dengan memberikan edukasi tentang permasalahan iklim akan membuat masyarakat akan sadar tentang masalah yang ada dan bisa membuat penanggulangan.

Cara ini digunakan agar kelak masalah ini tidak membuat generasi selanjutnya merasakan kepedihan seperti kekurangan air bersih, kemarau berkepanjangan, kekeringan, erosi dan abrasi pantai yang terjadi akibat permasalahan iklim yang semakin parah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak perubahan iklim anak-anak generasi muda
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top