Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan hanya Syarat Mudik Lebaran, Ini Empat Manfaat Lain Vaksin Booster

Vaksin Covid-19 dosis tiga atau booster tidak hanya sebagai syarat mudik Lebaran 2022. Ada beberapa manfaat lain dari vaksin booster.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 22 April 2022  |  13:02 WIB
Sejumlah warga antre untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (17/4/2022). Posko tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan mudik Lebaran 2022 mendatang sekaligus sebagai upaya antisipasi penularan  Covid-19. - Antara
Sejumlah warga antre untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (17/4/2022). Posko tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan mudik Lebaran 2022 mendatang sekaligus sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Vaksin Covid-19 dosis tiga atau booster tidak hanya sebagai syarat mudik Lebaran 2022. Ada beberapa manfaat lain dari vaksin booster.

Dikutip dari @pandemictalks, Jumat (22/4/2022), berikut empat manfaat lain dari vaksin booster.

Pertama, untuk mencegah Covid-19 gejala berat dan kematian.

Berdasarkan hasil uji klinis, kelima jenis vaksin untuk booster terbukti efektif mencegah gejala berat, dan kematian akibat Covid-19, termasuk pada varian Omicron.

WHO juga mengatakan, bahwa pemberian vaksin booster dengan jenis vaksin yang sama (homolog) atau vaksin yang berbeda (heterolog) sama-sama efektif meningkatkan kekebalan tubuh.

Kedua, mencegah terbentuknya varian baru.

Cakupan vaksinasi yang tidak merata dapat menyebabkan orang dengan sistem imun atau kekebalan tubuh lemah, menyimpan virus dalam waktu yang lama, dan menjadi inkubator virus bermutasi.

Artinya semakin banyak masyarakat yang divaksin penuh dan melakukan booster, maka semakin sedikit penduduk yang mengalami infeksi, maka semakin besar kemungkinan bisa mengendalikan varian baru Covid-19.

Ketiga, memperkuat dan mempertahankan kekebalan tubuh.
Antibodi di dalam tubuh yang terbentuk melalui vaksin pun lambat laun bisa menurun efektivitasnya.

Vaksin  booster bertujuan untuk meningkatkan kembali kekebalan tubuh khususnya pada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dosis penuh tiga bulan sepenuhnya.

Keempat, mempercepat peralihan ke endemi.

Satu hal mendasar yang menentukan kemenangan melawan Covid-19 adalah pencapaian kekebalan kelompok melalui vaksinasi yang menyeluruh kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Peraturan dan persyaratan vaksinasi booster

1. Vaksinasi booster sudah dipastikan tidak membatalkan puasa

2. Beberapa syarat penerima vaksin booster:

a. Berusia 18 tahun ke atas

b. Sehat

c. Sudah mendapat vaksin dosis kedua selama minimal 3 bulan

d. Memiliki KTP

e. Memiliki tiket vaksinasi booster di Peduli Lindungi

f. Tidak sedang positif Covid-19

 

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Covid-19 Vaksin Booster
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top