Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Program Mudik Gratis Minggu Ini, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Bagi Anda yang berada di Jakarta, bisa mendaftarkan diri untuk program mudik gratis melalui online melalui website www.mudikgratisdkijakarta.id.
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara
Pemudik mengikuti mudik bersama yang diprakarsai oleh Pemprov DKI Jakarta di kawasan Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Program mudik gratis tahun ini kembali hadir setelah dua tahun lalu mudik menjadi sulit karena masih menyebarnya virus Covid-19. Pada tahun ini tercatat ada beberapa instansi dari pemerintah dan swasta yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik di Idulfitri tahun ini secara cuma-cuma.

Program mudik gratis sendiri merupakan salah satu program tahunan yang sangat ditunggu oleh masyarakat yang ingin merasakan mudik namun tidak memiliki biaya lebih. Berikut daftar instansi pemerintah dan non pemerintah yang mengadakan mudik gratis tahun 2022.

1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Mengutip unggahan resmi Instagram Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tahun ini menyelenggarakan program mudik gratis dari Ibu Kota menuju 17 Kota/Kabupaten. Di antaranya, Palembang, Lampung, Tegal, Jombang, Malang, dan sejumlah daerah lainnya. Berikut syarat dan cara daftarnya

- Warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta 

- Warga sudah mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) 

- Warga yang membawa/memiliki sepeda motor wajib melampirkan STNK 

- Warga yang perjalanan pergi dan kembali dari dan ke DKI Jakarta 

- Pendaftaran maksimal 4 orang per KK ditambah 1 sepeda motor

Untuk pendaftaran sendiri dapat melalui online melalui website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui Whatsapp ke 081231885758. Setelah mengisi form pendaftaran, petugas panitia akan menghubungi untuk jadwal verifikasi offline. Pastikan nomor Anda aktif agar dapat dihubungi. 

Diimbau kepada calon pemudik datang ke lokasi verifikasi offline sesuai dengan tempat dan waktu yang tertera di tiket kode booking (QR Code) untuk mendapatkan e-tiket keberangkatan.

2. NU Care dan Bank Mandiri

NU Care-LAZISNU Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Bank Mandiri mengadakan mudik gratis dengan kuota kursi terbatas hanya untuk 750 pemudik. Selain mendapatkan tiket mudik, para pemudik juga akan mendapatkan paket sembako yang akan diberikan oleh pihak panitia. Berikut cara daftar dan syaratnya.

Syarat Pendaftaran mudik gratis:

1. Calon pemudik adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

2. Kedua, calon peserta mudik juga harus sudah menerima vaksin booster dibuktikan dengan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi PeduliLindungi.

3. Ketiga, calon peserta mudik yang belum menerima vaksin booster wajib menyerahkan bukti hasil tes negatif Covid-19

Untuk pendaftaran sendiri, peserta atau calon pemudik wajib mengisi tautan bit.ly/mudikgratispbnu2022. Setelah itu, peserta mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh panitia. Lalu peserta hadir sesuai dengan waktu dan tempat yang sudah disediakan. Pendaftaran paling lambat dilakukan pada 25 April 2022.  

Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan di dua lokasi pada hari dan jam yang sama yaitu pada Rabu, 27 April 2022 pukul 14.00 WIB. Kedua lokasi itu adalah di IRTI Monas dan di depan Kantor PBNU Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. Info lebih lanjut bisa menghubungi narahubung pada nomor 0813-9800-9800 (LAZISNU PBNU) dan 0896-2734-9190 (Fahrur Rozi). 

3. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali membuka pendaftaran Mudik Gratis 2022 tahap kedua dengan kuota sebanyak 10.500 orang sejak, Senin (18/4/22).

Sebelumnya, 350 bus untuk arus mudik dan balik pada kuota mudik gratis pertama ditujukan untuk mengangkut hanya total 10.500 penumpang. Alhasil, bus pengangkut penumpang mudik menjadi 700 bus. Selain itu, tujuan mudik gratis turut ditambah ke beberapa lokasi di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Berikut syarat dan cara daftar mudik gratis Kemenhub tahap kedua.

Syarat dan Cara Pendaftaran

1. Mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring

2. Login dan mengisi data lengkap

3. Tunggu verifikasi dan validasi sistem

4. Unduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik

5. Selanjutnya, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus. Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus.

4. Bank Tabungan Negara (BTN)

BTN membuka program mudik gratis sedari kemarin, Senin (18/4/22) sampai dengan hari ini, Selasa (19/4/22). Pada program mudik tahun ini, BTN mengkuotakan hanya 600 pemudik yang akan diberangkatkan oleh BTN.

Untuk syarat ikut mudik gratis bersama BTN sendiri, antara lain merupakan nasabah Bank BTN, fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan BTN, dan mengikuti akun media sosial Bank BTN. 

Bagi peserta yang membawa keluarga, satu nomor rekening akan berlaku untuk maksimal 4 tiket keberangkatan. Jika membawa anak, maka wajib membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Bagi para nasabah BTN yang tertarik ikut mudik gratis ini dapat melakukan pendaftaran di open booth di 6 kantor cabang (KC) BTN, yakni KC Jakarta Harmoni, KC Bekasi, KC Tangerang, KC Bogor, KC Depok, dan KC Ciputat yang dibuka sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB.

5. Pegadaian

PT Pegadaian mengumumkan turut mendukung program mudik gratis atau Mudik Sehat Bersama BUMN dengan mengerahkan 20 armada bus yang siap mengantar para pemudik ke kampung halaman. 

Tujuan mudik ke delapan kota di antaranya Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Madiun, Malang, Gresik dan Surabaya. 

Syarat untuk mengikuti program Mudik Sehat Bersama BUMN relatif mudah. Tentunya harus menjadi nasabah dan tercatat di data base nasabah Pegadaian (customer information File/CIF). Kemudian mendaftarkan ke Outlet atau Kantor Area Pegadaian di wilayah Jakarta. 

PT Pegadaian mengizinkan peserta untuk mengajak anggota keluarga maksimal tiga orang dan diharuskan dalam satu kartu keluarga (KK). Pendaftaran calon penumpang akan berlangsung hingga 20 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper