Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadan

Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir menjelaskan bahwa yang dimaskud dengan “Ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan sama dengan ibadah haji” adalah dari sisi pahalanya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 April 2022  |  15:40 WIB
Umrah bulan ramadan
Umrah bulan ramadan

Bisnis.com, JAKARTA -  Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Melakukan umrah di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai ibadah haji".

Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji,’” (HR Ibnu Majah).

Sabda Rasulullah SAW ini dengan sangat jelas atau gamblang menunjukkan keutamaan atau anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan. Sebab, dalam hadits ini dikatakan bahwa ibadah umrah yang dilaksanakan di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai haji. Lantas, apa yang dimaksudkan dengan menyamai ibadah haji?

Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir menjelaskan bahwa yang dimaskud dengan “Ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan sama dengan ibadah haji” adalah dari sisi pahalanya.

Hal ini berarti bahwa ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan tidak dengan serta merta menggugurkan kewajiban haji.

“(Maksudnya) adalah dari sisi pahalanya, bukan dari sisi umrah (di bulan Ramadhan) menggugurkan kewajiban haji karena menurut ijma’ ibadah umrah tidak bisa menggantikan posisi haji wajib,” (Lihat Abdurrauf Al-Munawi, At-Taisir bi Syarhi Jami‘is Shaghir, Riyadh-Maktabah Al-Imam As-Syafi‘i, cet ke-2, 1408 H/1998 M, juz II, halaman 288).

Berangkat dari penjelasan singkat ini, maka setidaknya dapat dipahami anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan, yaitu karena pahalanya sama dengan pahala haji sebagaimana dikemukakan dalam salah satu hadits yang kami kemukakan di atas. Kendati pahalanya sama dengan haji, tetapi tetap saja tidak dengan serta-merta menggugurkan haji wajib.

Dikutip dari laman tangerangkota.go.id, setidaknya ada 5 kebaikan umrah di bulan ramadan sebagai berikut.

1. Meraup Pahala Melimpah

Selain nilainya setara dengan haji, bahkan haji bersama Rasulullah, umroh ramadhan memberi Anda kesempatan untuk mendulang pahala berlimpah ruah. Bagaimana tidak, setiap amal kebajikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan minimal sepuluh kali lipat dan maksimal tak terbatas dari Allah SWT.

2. Amalan Cerdas di Waktu Terbatas

Jika kita ingin pahala umroh senilai haji, pelipatgandaan pahala ibadah-ibadah wajib dan sunnah di masjidil haram, pelipatgandaan pahala di waktu Ramadhan itu sendiri, maka kita sepatutnya berjuang agar bisa berumroh di bulan Ramadhan.

3. Biaya yang Mahal Akan Dihitung Sebagai Fi Sabilillah

Biaya untuk umroh Ramadhan nilainya bisa berkali-kali lipat dari umroh reguler (di bulan-bulan lainnya). Anda tidak perlu khawatir, sebab setiap rupiah yang Anda keluarkan untuk umroh akan dinilai sebagai amal fi sabilillah.

Artinya, seluruh pengeluaran Anda akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi. Ya, semuanya akan diganti oleh Allah saat Anda dengan ikhlas mengeluarkan uang untuk beribadah umroh.

4. Umroh di Bulan Ramadhan Mendatangkan Rezeki

Sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu fadhilah dari umroh adalah mendatangkan rezeki, sebab umroh adalah penghapus kefakiran. Jika Allah menghapus kefakiran kita, maka rezeki baik secara materi, kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan sebagainya akan datang dengan sendirinya. ke dalam hidup kita

5. Terkabulnya Doa-doa

Ingat, lakukan seluruh ibadah umroh hanya karena Allah. Jangan sampai terselip rasa bangga karena Anda berhasil umroh dengan biaya yang banyak, dan waktu yang diidamkan oleh umat islam di seluruh dunia.

Sementara itu, Youtubers, Muhamad Aldiyansyah atau karib disapa Gus Aldi dan Ustad Daeng Syawal dan Gus Aldi mengajak jamaah Mabruk Tour bersholawat selama umrah di bulan ramadan. 

Gus Aldi juga mengatakan dalam umrah kali ini akan bersholawat dan berziarah di makam Nabi Muhammad S.A.W.

Menurutnya, berdasarkan sabda Rasulullah Shalallah Alaihi Wa Sallam "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya."

Dia menambahkan umroh di bulan Ramadhan memilik 3 tiga kemuliaan, yang pertama kita berumroh, yang kedua kita berumroh dalam keadaan berpuasa, yang ketiga umrohnya di bulan Ramadhan dan terkahir kita mendapatkan keutamaan sepuluh hari terkahir. Ungkap ustad Daeng Syawal.

"Umroh Ramadhan tahun 2022 ini mejadi umroh ramadhan pertama sejak pandemi, jutaan orang di seluruh dunia berbondong bondong melakukan umroh di bulan Ramadhan, Alhamdulillah kami dari Mabruk Tour hari ini memberangkatkan puluhan jamaah Ramadhan dari Seluruh Indonesia, tidak lain karna kami ingin melayani serta mengobati kerinduan umat muslim Indonesia untuk berumroh di bulan Ramadhan. Ungkap Hardi Ikrommullah selaku Vice President dari PT. Didi Mabruk Bayanaka.

Mabruk Tour merupakan biro perjalanan wisata dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU)  terdaftar dan memiliki izin dari Kementerian Agama. Mabruk Tour telah berdiri sejak 2019 dan beroperasi sejak awal tahun 2020. Di bawah Kementrian Agama, kami saling bersinergi dalam upaya mewadahi dan menyukseskan ibadah umroh amanah untuk masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umrah Ramadan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top