Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Berdirinya Tunjungan Plaza, Mal di Surabaya yang Berdiri Sejak 1986

Tunjungan Plaza merupakan salah satu mal tertua di Indonesia yang dibangun pada 1985 oleh PT Pakuwon Jati.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 April 2022  |  08:04 WIB
Ilustrasi suasana kafe dan restoran di dalam area Tunjungan Surabaya pada saat momen Ramadhan dan Lebaran 2019. - Bisnis/Peni Widarti
Ilustrasi suasana kafe dan restoran di dalam area Tunjungan Surabaya pada saat momen Ramadhan dan Lebaran 2019. - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SOLO - Mal besar di Surabaya, Tunjungan Plaza (TP), terbakar pada Rabu, (13/4/2022) sore. Sebanyak 13 unit kendaraan pemadam pun dikerahkan.

Api terlihat cukup besar dan asap membumbung tinggi di gedung bertingkat antara SOGO dan Four Points.

Kebakaran ini pun mengakibatkan sejumlah ruas jalan di pusat kota macet. Kemacetan terjadi di Jalan Basuki Rahmat, Embong Malang, Jalan Tunjungan dan lainnya.

Sejarah Tunjungan Plaza 

Masuk dalam kategori mal tertua di Indonesia, Tunjungan Plaza (TP) dibangun pada 1985 oleh PT Pakuwon Jati.

Pada 1985, Tunjungan Plaza dibangun di atas tanah yang luasnya sekitar 5 hektare. Saat itu luas bangunannya mencapai sekitar 44.700,88 meter persegi. 

Bangunan TP dirancang oleh arsitek dari PT Parama Consultant Jakarta bekerja sama dengan Peddle Throp and Walker, Australia, Singapura, Hongkong, Inggris dan Amerika Serikat. 

Adapun proyek pembangunannya dikerjakan PT Kardi General Contractors Internasional, dikutip dari publikasi berjudul Tunjungan Plaza sebagai Awal Pusat Perbelanjaan Modern Kota Madya Surabaya Tahun 1985-1991 dalam jurnal Avatara, Universitas Negeri Surabaya.

Proses pengerjaan pembangunan Tunjungan Plaza selama 1,5 tahun dikerjakan 1.900 orang pekerja. Pembangunan plaza ini menghabiskan biaya sebanyak Rp30 miliar. 

TP kemudian resmi dibuka untuk umum pada 7 Mei 1986 dan grand opening dilakukan pada 15 Desember 1986. Mal ini pun diresmikan oleh Wahono selaku Gubernur KDH TK.I Jawa Timur, ditandai penandatanganan batu prasasti.

Mengutip situs web Tunjungan Plaza, seiring waktu, Tunjungan Plaza terus dibangun hingga terdiri atas enam mal. Luasnya lebih dari 175.000 meter persegi dan memiliki lebih dari 600 gerai.

Tunjungan Plaza merupakan tempat bagi banyak merek internasional, yaitu Hugo Boss, Tory Burch, Omega, Coach, Michael Kors, Aigner, Under Armour, Matahari Departement Store dan Sogo.

Belakangan Tunjungan Plaza juga menggaet Dior, Make up Forever, Gioi, Saladstop!, Max Fashion, dan Garmin. Dalam waktu dekat, brand ternama seperti Hermes dan Chanel juga akan menjadi bagian dari Tunjungan Plaza, Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mal surabaya kebakaran tunjungan

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top