Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Binomo Platform Trading Asal Rusia, Dibawa Brian Edgar Masuk ke Indonesia

Binomo dibawa masuk ke Indonesia oleg Brian Edgar Nababan. Brian diketahui merekrut dua orang afiliator yakni Fakarich dan Indra Kenz.
Polisi saat menggelar konferensi pers terkait dengan kasus Binomo di Jakarta, Kamis (7/4/2022)./Setyo Aji Harjanto
Polisi saat menggelar konferensi pers terkait dengan kasus Binomo di Jakarta, Kamis (7/4/2022)./Setyo Aji Harjanto

Bisnis.com, JAKARTA -Teka-teki asal-usul Binomo terjawab sudah. Polisi mengungkap bahwa platform trading tersebut berasal dari Rusia.

Pengungkapan asal-usul Binomo berawal dari penangkapan Manager Development Binomo Brian Edgar Nababan (BEN) belum lama ini.

"Memang binomo di Rusia itu masuk ke Indonesia melalui BEN," kata Kasubdit II Dittipideksus Bareskrim Kombes Chandra Sukma Kumara di Mabes Polri, yang dikutip Jumat (8/4/2022).

Brian diketahui mulai merekrut afiliator Binomo pada 2019. Rrekrutan pertama adalah Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich. Fakarich banyak diberitakan merupakan mentor dari Indra Kesuma alias Indra Kenz.

Sementara Indra Kenz merupakan afiliator kedua Brian untuk mempopulerkan Binomo ke seluruh pelosok tanah air. "BEN menggaet orang-orang yang influencer-influencer ini. Fakar 2019, Fakar kemudian menggaet IK (Indra Kenz)," kata Chandra.

Chandra mengungkap bahwa sejauh ini Brian Fakarich dan Indra Kenz. Namun demikian, penyidik Polri terus mendalami apakah ada orang atau oknum llain yang direkrut.

"Pengakuannya BEN sih cuma dua ya, Fakar sama IK. cuma kan kita terus dalami, data ataupun digital forensik kita terus dalami," kata dia.

Pendapatan Brian

Di sisi lain, polisi juga mengungkap pendapatan Manager Development Binomo Brian Edgar Nababan (BEN) yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan berkedok trading binary option platform Binomo.

Kombes Chandra mengatakan Brian mendapat US$2.000 sampai US$4.000. "Dia staf pegawai dari tahun 2018 dampai 2020 dia bergabung dengan 404 grup namnya di Rusia, yang bersangkutan digaji US$2.000 sampai US$4.000. Dia menangani komplain-komplain komen-komen di Indonesia," kata Chandra di Mabes Polri, Kamis (7/4/2022).

Chandra membeberkan Brian juga bertugas untuk menangani komplain terkait Binomo dari Indonesia. "Dia menangani komplain yang ada di Indonesia. Itu tugasnya dia, jadi dia sebagai pegawai di 404 grup," ujarnya.

Sebelumnya, Bareskrim telah menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan penipuan berkedok trading binary option Binomo.

Mereka adalah, Indra Kesuma alias Indra Kenz selaku afiliator, Brian Edgar Nababan selaku Manager Development Binomo, Wiky Nurhalim dan Fakar Suhartami Pratama atau Fakarich.

Adapun, Wiky Nurhalim diketahui merupakan admin grup telegram Indra Kenz, sedangkan Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich merupakan mentor atau guru trading Indra Kenz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper