Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stasiun Jatinegara Bersolek Sambut Mudik Lebaran

Renovasi Stasiun Jatinegara mulai menunjukkan hasil. Sejumlah fasilitas publik diperbarui untuk memudahkan akses penumpang.
Seorang penumpang menuruni tangga eskalator di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/4/2022)./JIBI-Szalma Fatimarahma
Seorang penumpang menuruni tangga eskalator di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/4/2022)./JIBI-Szalma Fatimarahma

Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun Jatinegara adalah salah satu fasilitas publik yang banyak digunakan pengguna moda transportasi kereta.

Stasiun ini belum lama dipugar. Pengelola menambahkan sejumlah fasilitas antara lain eskalator dan lift untuk memudahkan penumpang menuju ke peron kereta.

Pantauan Bisnis di lokasi pukul 10.22 WIB, Stasiun Jatinegara masih cukup lengang dan hanya dipadati oleh penumpang commuter line atau KRL.

Stasiun Jatinegara
Stasiun Jatinegara

(Sejumlah penumpang sedang menunggu kedatangan kereta di Stasiun Jatinegara./Szalma Fatimarahma)

Stasiun Jatinegara sendiri bukan tempat keberangkatan kereta api jarak jauh. Sehingga, tidak banyak persiapan untuk menyambut musim mudik lebaran.

“Kalau ramai pemudik sih belum, karena Stasiun Jatinegara bukan stasiun keberangkatan. Cuma dipenuhi sama penumpang KRL saja,” ujar Fachrudin seorang petugas jaga stasiun saat ditemui di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (8/4/2022). 

Fachrudin menambahkan bahwa aktivitas stasiun masih berjalan normal. Para penumpang kereta api jarak jauh, biasanya baru datang di atas pukul 00.00 WIB. 

“Penumpang hanya ramai di sore hari, jam 16.00 WIB, dan 17.00 WIB, karena merupakan jam pulang kantor. Pada jam-jam lainnya sih masih seperti ini [tidak terlalu ramai] saja,” ujarnya.

Tiket Mudik

Sementara itu tiket kereta api untuk mudik Idulfitri tahun ini sudah bisa dibeli. PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa angkutan lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, situs web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat ini, KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh 30 hari sebelum keberangkatan atau H-30. Per 1 April, KAI menjual tiket sejak H-45 keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April sampai dengan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan perubahan tersebut dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran.

Di sisi lain, dia mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

“KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,” kata Joni melalui siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper