Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Lonjakan Transaksi Kripto Puluhan Miliar Diduga Milik Indra Kenz

Viral adanya lonjakan tajam transaksi kripto senilai miliaran, diduga berkaitan dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan Indra Kenz.
Saksi terlapor kasus aplikasi Binomo Indra Kesuma atau Indra Kenz (tengah) berjalan untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara
Saksi terlapor kasus aplikasi Binomo Indra Kesuma atau Indra Kenz (tengah) berjalan untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara

Bisnis.com, SOLO - Afiliator binary option diduga masih menyembunyikan asetnya dalam bentuk kripto.

Dugaan itu muncul setelah akun Twitter bernama @anvie membeberkan adanya lonjakan tajam pada sebuah koin kripto yang terjadi pada 17 Maret lalu.

Meskipun tak menyebutkan secara gamblang nama pemilik koin tersebut, ia mencoba membeberkan fakta menarik yang mungkin berkaitan dengan afiliator binary option yang sedang memiliki masalah hukum.

"Saya dimintai tolong seorang teman utk menganalisis sebuah anomali transaksi di sebuah koin kripto, dan saya menemukan fakta2 menarik yg mungkin bisa mengungkap tempat persembunyian aset2 kripto bernilai fantastis tersangka afiliator binary option yg belum disita pihak berwajib," tulis akun @anvie mengawali thread-nya pada Senin (21/3/2022).

Ia menyebutkan bahwa terjadi lonjakan tajam pada koin kripto X.

"Ada sebuah transaksi besar pada sebuah aset kripto X yg melejitkan harganya dari Rp. 3,000,- ke Rp. 17,500,- kurang dari 30 menit," tulisnya.

Menurutnya, hal seperti ini tidak wajar bagi seseorang yang sudah lama terjun di dunia trading. Pasalnya, koin tersebut tak menunjukkan perkembangan selama beberapa hari.

Ada 3 transaksi

Akun @anvie kemudian menunjukkan adanya tiga transaksi yang terlibat dengan Kripto X tersebut.

"Bisa dilihat, ada akun yg menarik karena melakukan transaksi besar dari dan ke dengan alamat yg sama: 0xee61f5fb0db81d3a09392375ee96f723c0620e07,"

Alamat tersebut terus melakukan transaksi secara berkala setiap beberapa menit. Hingga akhirnya ia menemukan 2 alamat lain yang juga mencurigakan.

Aset miliaran

Dari tiga alamat tersebut, ditemukan bahwa ada aset dengan nominal fantastis yang dipegang oleh ketiganya.

"Alamat 1: memiliki 763 aset senilai $5,458,875 USD atau setara dengan 78 milyar rupiah dg kurs dolar saat ini," tulisnya.

Kemudian alamat 2 memiliki aset 241 + 17 (NFT) senilai $3,701,593 USD atau setara dengan 53 milyar rupiah. Dan alamat 3 memiliki aset digital dengan nilai $8,677,694 USD atau setara dengan 124 milyar rupiah.

Dugaan mengarah ke Indra Kenz

Tak menyebutkan namanya, namun pemaparan akun @anvie mengarah ke aset kripto milik Indra Kenz yang sebelumnya disebutkan mencapai Rp78 miliar.

Anvie pun membandingkan portfolio wallet milik tersangka yang ditunjukkan pada Desember 2021. Dari situ ditemukan koneksi yang melibatkan Binance dan Indodax.

"Sebagai tambahan saya menemukan juga kutipan dari salah satu media online terkemuka yg pernah menyebutkan nilai portfolio tersangka sebesar 73,9M, dilihat dari sini maka alamat 1 paling dekat dg nilai 78M (nilai mungkin naik turun berdasarkan kurs)," tulis Anvie.

Ulasan tersebut kemudian mendapat tanggapan dari netizen yang pernah melakukan tangkapan layar penghasilan Indra Kenz di Indodax.

Dalam screen shot tersebut, Indra Kenz memiliki nilai aset mencapai Rp38 triliun dari transaksi kripto.

"Min, saya pernah screenshoot storynya indrakenz waktu bulan Februari 2021, doi lagi story tentang crypto + aset aset apa aja yg dia pegang, dia tunjukin di platfom Idx ke followersnya, ga sengaja saya ss keliatan saldonya dia, liat sendiri saldonya ada berapa," tulis akun @lukkmanulhakim2.

Ia pun menyebutkan bahwa tangkapan layar tersebut adalah murni dari layar ponsel Indra Kenz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper