Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Camping di IKN Bersamaan Peristiwa 160 Tahun Perang Banjar

Perang Banjar atau Perang Banjar-Barito atau Perang Kalimantan Selatan adalah perang perlawanan terhadap penjajahan kolonial Belanda yang berlangsung antara tahun 1859-1905 yang terjadi di Kesultanan Banjar yang meliputi wilayah provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Perang Banjar
Perang Banjar

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menginap di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bersama dengan 34 gubernur dan 15 tokoh.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa gubernur seluruh provinsi dan para tokoh-tokoh telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur. Selanjutnya, Jokowi bersama para gubernur dan tokoh-tokoh akan melakukan sebuah prosesi doa bersama. 

Jokowi juga bakal berkemah dan melakukan ritual Kendi Nusantara yang akan diikuti seluruh gubernur se-Indonesia. Para gubernur diwajibkan membawa air dan tanah dari masing-masing daerahnya ke IKN.

Menariknya, acara berkemah ini bersamaan dengan berakhirnya perang Banjar.

Mengutip Wikipedia Perang Banjar atau Perang Banjar-Barito atau Perang Kalimantan Selatan adalah perang perlawanan terhadap penjajahan kolonial Belanda yang berlangsung antara tahun 1859-1905 yang terjadi di Kesultanan Banjar yang meliputi wilayah provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Perang Banjar berlangsung antara 1859 -1906 (menurut sumber Belanda 1859-1863. Konflik dengan Belanda sebenarnya sudah mulai sejak Belanda memperoleh hak monopoli dagang di Kesultanan Banjar.

Dengan ikut campurnya Belanda dalam urusan kerajaan, kekalutan makin bertambah. Pada tahun 1785, Pangeran Nata yang menjadi wali putra mahkota, mengangkat dirinya menjadi raja dengan gelar Sultan Tahmidullah II (1785-1808) dan membunuh semua putra almarhum Sultan Muhammad.

Pangeran Amir, satu-satunya pewaris tahta yang selamat, berhasil melarikan diri lalu mengadakan perlawanan dengan dukungan pamannya Gusti Kasim (Arung Turawe), tetapi gagal. Pangeran Amir (kakek Pangeran Antasari) akhirnya tertangkap dan dibuang ke Ceylon (kini Sri Langka).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper