Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tok! Jokowi Resmi Lantik Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara

Jokowi resmi melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara serta Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara.
Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono memberikan penjelasan disela-sela kunjungannya ke Kantor Redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat (6/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono memberikan penjelasan disela-sela kunjungannya ke Kantor Redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Jumat (6/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara serta Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara pada Kamis (10/3/2022) pukul 15.00 WIB.

Adapun, posisi Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Sebelum saudara mengucapkan sumpah jabatan berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN. Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara-saudara mengambil sumpah menurut agama Islam,” tanya Jokowi yang disambut kesediaan dari Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

“Bersedia”.

Lebih lanjut, Jokowi pun memimpin sumpah jabatan dari Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN tersebut.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI 1945 dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ujar Jokowi yang diikuti oleh Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

Adapun, nama Bambang disebut menjadi calon kuat, sebab latar belakang dirinya yang juga pernah berada di kursi pemerintahan dan memiliki segudang pengalaman di bagian infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Pria kelahiran 4 November 1963 ini pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 201—2014. Dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Juga pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Pada 1996, dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley. Bahkan, mantan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004—2010 turut memiliki perang penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Di tingkat internasional, dirinya juga pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan hingga kini menjadi anggota Board of Trustees untuk The Southsouth North Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Sejak 2012, Bambang juga menjabat sebagai Komisaris utama PT Garuda Indonesia, Tbk. Di sela-sela kesibukannya, ia masih sempat mengajar dan membimbing tesis di Program Pasca Sarjana Bidang Ilmu Teknik Universitas Indonesia (UI), melakukan penelitian di bidang transportasi, khususnya yang berkaitan dengan lingkungan hidup dan sosial perkotaan.

Bersama sepuluh guru besar dari universitas ternama di Asia Timur, dirinya melakukan penelitian mengenai fenomena transportasi di kota-kota megapolitan di Asia Timur.

Bahkan, dirinya juga dipercaya menjadi Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia).

Bambang juga aktif menulis beberapa buku seputar infrastruktur dan transportasi, salah satunya adalah Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah yang menjadi panduan dalam melakukan terobosan dalam rangka pembangunan nasional.

Buku lain yang pernah ditulis oleh peraih penghargaan Satyalencana Karya Satya, Satyalencana Wira Karya dan Satyalencana Pembangunan ini antara lain berjudul 1001 Wajah Transportasi Kita, Strategi dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah, dan Memacu Infrastruktur di Tengah Krisis.

Sementara itu, Dhony Rahajoe yang dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Kepala Otorita IKN merupakan petinggi perusahaan Sinar Mas Land. Merujuk situs Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Dhony juga tercatat sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), yayasan milik Sinar Mas Land yang menggagas perguruan tinggi ITSB.

Sekadar informasi, dipilihnya Dhony oleh Jokowi telah terlihat saat Kepala Negara berkunjung ke Kawasan Green Office Park, BSD City yang dikelola Sinar Mas Land pada Jumat (24/12/2021).

Saat itu, Jokowi melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta, sekaligus terkait dengan rencana pembangunan IKN Nusantara. Pria yang saat ini menjadi Wakil Kepala Otorita IKN tersebut menjelaskan kepada rombongan Jokowi tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper