Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rusia Veto Resolusi Dewan Keamanan PBB. China, India dan UAE Abstain

Setidaknya, tercatat 11 anggota Dewan Keamanan PBB yang mendukung rancangan resolusi yang mengutuk serangan Rusia ke Ukraina. Namun 3 negara yakni China, India, dan Uni Emirat Arab abstain.
Annisa Kurniasari Saumi
Annisa Kurniasari Saumi - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  08:46 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki aula untuk bertemu dengan kandidat yang berpartisipasi dalam pemilihan presiden sesi terakhir, di Kremlin di Moskow. - Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin memasuki aula untuk bertemu dengan kandidat yang berpartisipasi dalam pemilihan presiden sesi terakhir, di Kremlin di Moskow. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia menggunakan hak vetonya terhadap rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk serangan Rusia terhadap Ukraina.

Dilansir dari Nikkei Asia, Sabtu (26/2/2022) Rusia memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang dipimpin barat, yang mengutuk serangannya ke Ukraina dengan memberikan suara menentangnya.

Setidaknya, tercatat 11 anggota Dewan Keamanan PBB yang mendukung resolusi tersebut. Sebanyak 11 anggota tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Norwegia, dan Irlandia. Lalu Albania, Gabon, Mexico, Brazil, Ghana, dan Kenya.

Sementara itu, tiga negara lainnya yakni China, India, dan Uni Emirat Arab abstain. Adapun resolusi Dewan Keamanan harus mendapatkan suara bulat.

Adapun sebelumnya Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, China dengan tegas menghormati dan menjaga kedaulatan integritas teritorial semua negara dan bersungguh-sungguh mematuhi tujuan dan prinsip piagam PBB.

"Posisi ini konsisten dan jelas, dan itu berlaku sama untuk Ukraina," ujarnya.

Dia melanjutkan, mengingat ekspansi Nato ke arah timur, tuntutan keamanan resmi Rusia harus ditanggapi dengan serius dan benar. Namun, menurutnya situasi di Ukraina saat ini adalah sesuatu yang tidak ingin dunia lihat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pbb dewan keamanan pbb Perang Rusia Ukraina

Sumber : Nikkei Asia

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top