Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantu Perkembangan Anak Usia Dini, LEGO Foundation Luncurkan Kompetisi Ide Inovatif

LEGO, Perusahaan anak asal Denmark menggelar kompetisi global berhadiah 143 juta dolar AS untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini di seluruh dunia
Lego/Bisnis-Mia Chitra Dinisari
Lego/Bisnis-Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA – Menyambut usia 90 tahunnya, LEGO menggelar kompetisi global untuk mencari ide-ide inovatif dan transformatif dalam membantu memecahkan situasi gawat darurat terkait perkembangan generasi muda. 

Melalui LEGO Foundation, perusahaan mainan anak asal Denmark mengumumkan menyiapkan dana sebesar 143 juta dolar AS untuk menghadapi global early childhood emergency atau situasi gawat darurat terkait perkembangan generasi muda

Menurut CEO LEGO, Anne-Birgitte Albrechtsen, situasi gawat darurat generasi muda terlihat dengan hilangnya akses anak-anak ke layanan pendidikan dan dukungan pertumbuhan lainnya yang diperburuk oleh pandemi global.

LEGO Foundation meluncurkan program “Build A World of Play Challenge” untuk membantu generasi muda agar tidak kehilangan akses pertumbuhan di masa mudanya saat era pandemi ini. Program ini memungkinkan setiap organisasi di seluruh belahan dunia dapat memberikan dampak positif pada anak-anak muda. 

LEGO Foundation menyatakan “Build A World of Play Challenge” merupakan komitmen perusahaan LEGO® untuk memastikan anak-anak secara global diberikan kesempatan untuk belajar sambil bermain. 

Hal ini dapat mendukung pengembangan keterampilan holistik mereka. Melalui program ini, LEGO Foundation ingin memastikan bahwa setiap anak di berbagai belahan dunia dapat mengembangkan potensi mereka secara penuh dalam kehidupan.

“Dana akan diberikan kepada siapapun yang bisa menemukan solusi inovatif untuk permasalahan yang sedang dihadapi dunia, seperti akses ke pendidikan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas, ketersediaan nutrisi yang memadai, pendampingan stres akibat lingkungan tidak baik di rumah, perlindungan dari polusi dan mendukung kesejahteraan sosial serta emosional seluruh anggota keluarga,” kata Anne seperti dikutip dalam keterangan resminya, Sabtu (19/2/2022). 

Solusi tersebut merupakan kontribusi besar untuk kehidupan anak-anak yang baru lahir hingga usia enam tahun. Bagi Anne, semua anak memiliki hak untuk merasa aman dan memiliki akses ke pendidikan. Selain itu, mereka juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. 

Thomas Kirk Kristiansen, Ketua Dewan Direksi di The LEGO Foundation dan generasi keempat dari keluarga pemilik LEGO mengatakan anak-anak merupakan generasi masa depan yang dapat membangun dunia ke arah yang lebih baik. Untuk itu, kita harus bekerja sama agar berinvestasi pada tumbuh kembang mereka dan lingkungan tempat tinggalnya agar menjadi baik. 

Saat ini, antara Maret 2020 hingga Februari 2021, telah terdapat 167 juta anak di 196 negara yang kehilangan akses ke layanan penitipan dan pendidikan. Di era pandemi yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh, 120 juta anak siswa pra-sekolah dasar kehilangan akses pembelajarannya karena mereka adalah kategori anak yang memiliki kemungkinan paling kecil untuk belajar secara jarak jauh. 

Sementara dalam rentang tahun 2018 hingga 2020, 290.000 dan 340.000 setiap tahunnya dilahirkan dalam kehidupan sebagai pengungsi, yang berarti  telah hampir satu juta anak lahir sebagai pengungsi.

“Melalui kompetisi “Build A World of Play Challenge” ini kami menunggu ide-ide kreatif yang dapat ditindaklanjuti untuk menempatkan anak-anak usia dini sebagai pusat perhatian global. Kita harus mulai membangun dunia yang mengutamakan masyarakat anak-anak usia dini, dengan membangun sistem pendidikan dan sistem perawatan kesehatan demi masa depan planet ini,” kata Thomas. 

Hadiah dengan total USD 143 juta akan tersedia secara global untuk lima organisasi pemenang. Tiga organisasi akan mendapatkan masing-masing sekitar USD 30 juta dan dua lainnya akan mendapatkan masing-masing sekitar USD 15 juta.

Selain itu, 10 organisasi yang terpilih sebagai finalis akan menerima masing-masing USD 1 juta untuk memperkuat rencana yang mereka usulkan, mulai membangun tim, dan meningkatkan keterampilan agar berhasil menerapkan inovasi mereka. 

Calon peserta harus mendaftar sebelum 7 April 2022. Batas waktu pengiriman adalah 17 Mei 2022. Semua peserta harus melengkapi sistem pendaftaran daring melalui https://learningthroughplay.com/build-a-world-of-play/the-challenge

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wahyu Arifin
Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper