Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buka-bukaan Tentang Jokowi, Pramono Anung: Beliau Sangat Mencintai Rakyat

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan bahwa Presiden Jokowi merupakan sosok yang sangat mencintai rakyatnya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Februari 2022  |  09:40 WIB
Presiden Jokowi berbincang dengan Seskab Pramono Anung di sela acara Peringatan HUT Ke-49 PDI Perjuangan, Senin (10/01/2022), di Istana Negara, Jakarta - Humas Setkab/Agung
Presiden Jokowi berbincang dengan Seskab Pramono Anung di sela acara Peringatan HUT Ke-49 PDI Perjuangan, Senin (10/01/2022), di Istana Negara, Jakarta - Humas Setkab/Agung

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan sosok yang sangat mencintai rakyatnya.

Hal itu disampaikan Pramono melalui program Podkabs (Podcast Kabinet dan Setkab) yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Kabinet (Setkab) RI.

Untuk diketahui, Sekretariat Kabinet (Setkab) resmi merilis program siniar Podkabs (Podcast Kabinet dan Setkab) yang ditujukan guna mengoptimalkan komunikasi publik terkait kebijakan dan program pemerintah kepada masyarakat.

Sekadar informasi, Setkab merilis episode perdana yang menghadirkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung sebagai narasumber dengan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Putri Tanjung sebagai pemandu siniar atau podcaster.

“Dia [Jokowi] selalu memikirkan rakyatnya, pernah di Brebes waktu itu jam 2 siang saat kunker keadaan sedang panas, tetapi Presiden semua orang disalami satu per satu. Itu kalau tidak pakai hati [dalam bekerja] tidak bisa. Kemudian, di Riau dengan suku Talang Mamak, waktu itu sudah hampir Magrib kita sudah harus kembali ke Jambi, tetapi beliau tetap berinteraksi dengan rakyatnya,” tuturnya, dikutip melalui Youtube Sekretariat Kabinet, Sabtu (5/2/2022).

Lebih lanjut, dia menceritakan bahwa Jokowi merupakan Kepala Negara yang selalu melakukan rapat. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk segera menuntaskan permasalahan Negara dan rakyat Indonesia.

“Presiden yang paling banyak rapat dibandingkan yang lain, karena saya melihat risalah rapat dan sidang dulu. Dulu [Presiden sebelumnya] biasanya rapat seminggu hanya sekali, tetapi Pak Jokowi seminggu bisa 4–9 kali rapat, itu pusing banget. Kadang keputusan rapat bisa kapan saja, pernah jam 2 pagi,” ujarnya.

Dia pun melanjutkan, proses rapat terbatas (ratas) sebagai contohnya, dalam keadaan rapat Jokowi menjadi sosok yang tidak mengenal basa-basi dan selalu meminta solusi dari setiap jajarannya.

“Itu [ratas] alokasi biasanya 1 jam, karena Presiden adalah orang yang tidak suka basa-basi dan tidak suka menteri ngomong terlalu lama, terpenting adalah apakah substansinya, masukannya apa, dan apa yang harus beliau putuskan,” katanya.

Pramono pun mengungkapkan saat ini berolahraga menjadi salah satu kebutuhannya untuk bisa mengimbangi kinerja dari Presiden RI Ke-7 tersebut.

Penyebabnya, dia pun mengatakan dirinya harus selalu sehat, di mana berolahraga sepeda dengan target 200 km per minggu yang dicicil setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

“Kita melayani Presiden yang terus terang workaholic, tidak bisa diam, selalu bekerja, travelling kemana-mana sehingga kita harus menyiapkan diri untuk selalu sehat. Presiden selalu enerjik, bahkan minimum satu setengah jam setiap hari untuk melihat media sosial untuk melihat keadaan rakyatnya. Saya pun tidur setiap hari 3–4 jam, saya tidur jam 10 tetapi sudah bangun jam 2 pagi,” kata Pramono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi rakyat pramono anung
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top