Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas! Omicron Bisa Pecahkan Rekor Kasus dan Pasien Covid-19 Rawat Inap

Virus Corona varian Omicron bisa menyebabkan peningkatan rekor jumlah kasus dan rawat inap Covid-19.
RSUD Tarakan./Istimewa
RSUD Tarakan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Corona varian Omicron bisa menyebabkan peningkatan rekor jumlah kasus dan rawat inap Covid-19.

Meskipun Omicron memiliki risiko relatif lebih rendah dibandingkan dengan Delta, namun Omicron juga tetap bisa menyebabkan peningkatan rekor jumlah kasus dan rawat inap Covid-19.

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Rabu (2/2/2022), berdasarkan data CDC Amerika Serikat, angka tertinggi kasus harian varian Omicron lebih tinggi 5 kali dibandingkan varian Delta, sedangkan angka tertinggi rawat inap lebih tinggi 1,8 kali.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 16.021 pada Selasa (1/2/2022).

 Laporan itu tercatat bertambah 5.836 kasus dibandingkan kasus positif pada Senin (31/1/2022). Secara akumulatif, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 yang sudah terdeteksi mencapai 4.369.391 orang.

Sedangkan, kematian pasien konfirmasi positif Covid-19 bertambah 28 orang. Alhasil, jumlah kasus kematian akibat Covid-19 telah mencapai 144.348 jiwa selama dua tahun terakhir.

Satgas Penanganan Covid-19 melaporkan sebanyak 3.240 pasien dinyatakan sembuh, totsl pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 4.143.694 orang.

Adapun, kasus aktif Covid-19 bertambah sebanyak 12.753. Secara keseluruhan, kasus aktif yang masih dirawat di sejumlah fasilitas layanan kesehatan mencapai 81.349 pasien.

Puncak infeksi kasus varian Omicron di Indonesia diperkirakan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022. Perkiraan tersebut berdasarkan kondisi yang terjadi di sejumlah negara, seperti Zambia, UK, dan Afrika Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper