Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arab Saudi Buka Pintu Negaranya Jadi Tempat Produksi Film Global

Program itu merupakan bagian dari pilar utama komisi tersebut selain menjadi langkah strategis untuk memposisikan Arab Saudi sebagai tujuan global untuk industri film.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  06:51 WIB
Lanskap kota Riyadh, Arab Saudi -  Bloomberg
Lanskap kota Riyadh, Arab Saudi - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Film Arab Saudi mengumumkan program untuk membantu perusahaan lokal dan internasional memproduksi film di kerajaan tersebut.

Pengumuman itu, yang disampaikan pada Festival Film Internasional Laut Merah pertama di Jeddah kemarin, merupakan program insentif yang bertujuan untuk mendukung, memotivasi, dan menarik produsen untuk membuat film di negara tersebut, menurut Saudi Press Agency seperti dikutip ArabNews.com, Rabu (15/12).

Program itu juga merupakan bagian dari pilar utama komisi tersebut selain menjadi langkah strategis untuk memposisikan Arab Saudi sebagai tujuan global untuk industri film.

Inisiatif itu berusaha untuk menyediakan platform bagi calon talenta film untuk berkembang dan tumbuh di sektor industri itu dengan memberi mereka program pelatihan, termasuk pelatihan di tempat kerja secara lokal dan internasional. Langkah itu disebutkan juga akan membantu menciptakan lebih banyak peluang kerja permanen di industri film lokal.

Dengan menjadikan Arab Saudi sebagai pusat produksi film lokal dan internasional, program insentif akan membantu kru film lokal, termasuk pemasok yang secara langsung melayani proyek, untuk memperoleh manfaat melalui penciptaan lapangan kerja dan memberitahu lokasi yang ditawarkan di negara tersebut.

Komisi Film Arab Saudi akan  membantu menutupi biaya atas proyek produksi film, biaya produser, sutradara, aktor dan aktris utama, dan penulis skenario, serta menutupi biaya kru dan biaya yang berkaitan dengan sewa peralatan produksi. 

Insentif yang akan diberikan diputuskan setelah komisi mempelajari semua aspek biaya secara global.

Festival Film Laut Merah (RSIFF) menjadi ajang pemutaran perdana film-film pilihan internasional yang dibuat oleh bakat-bakat baru dari Kerajaan Arab Saudi dengan total 138 film dari lebih dari 60 negara.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film arab saudi
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top