Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arab Saudi Buka Pintu Negaranya Jadi Tempat Produksi Film Global

Program itu merupakan bagian dari pilar utama komisi tersebut selain menjadi langkah strategis untuk memposisikan Arab Saudi sebagai tujuan global untuk industri film.
Lanskap kota Riyadh, Arab Saudi/ Bloomberg
Lanskap kota Riyadh, Arab Saudi/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Film Arab Saudi mengumumkan program untuk membantu perusahaan lokal dan internasional memproduksi film di kerajaan tersebut.

Pengumuman itu, yang disampaikan pada Festival Film Internasional Laut Merah pertama di Jeddah kemarin, merupakan program insentif yang bertujuan untuk mendukung, memotivasi, dan menarik produsen untuk membuat film di negara tersebut, menurut Saudi Press Agency seperti dikutip ArabNews.com, Rabu (15/12).

Program itu juga merupakan bagian dari pilar utama komisi tersebut selain menjadi langkah strategis untuk memposisikan Arab Saudi sebagai tujuan global untuk industri film.

Inisiatif itu berusaha untuk menyediakan platform bagi calon talenta film untuk berkembang dan tumbuh di sektor industri itu dengan memberi mereka program pelatihan, termasuk pelatihan di tempat kerja secara lokal dan internasional. Langkah itu disebutkan juga akan membantu menciptakan lebih banyak peluang kerja permanen di industri film lokal.

Dengan menjadikan Arab Saudi sebagai pusat produksi film lokal dan internasional, program insentif akan membantu kru film lokal, termasuk pemasok yang secara langsung melayani proyek, untuk memperoleh manfaat melalui penciptaan lapangan kerja dan memberitahu lokasi yang ditawarkan di negara tersebut.

Komisi Film Arab Saudi akan  membantu menutupi biaya atas proyek produksi film, biaya produser, sutradara, aktor dan aktris utama, dan penulis skenario, serta menutupi biaya kru dan biaya yang berkaitan dengan sewa peralatan produksi. 

Insentif yang akan diberikan diputuskan setelah komisi mempelajari semua aspek biaya secara global.

Festival Film Laut Merah (RSIFF) menjadi ajang pemutaran perdana film-film pilihan internasional yang dibuat oleh bakat-bakat baru dari Kerajaan Arab Saudi dengan total 138 film dari lebih dari 60 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper