Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kondisi Gunung Semeru Hari Ini, PVMGB: Terjadi 34 Kali Gempa!

PVMBG menyebut telah terjadi 34 gempa terkait dengan Gunung Semeru meletus hari ini.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  05:30 WIB
Gunung Semeru Erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore - Antara
Gunung Semeru Erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan hingga Minggu (5/12/2021) pukul 00.27 WIB telah terjadi 34 kali gempa terkait dengan Gunung Semeru meletus.

Berdasarkan laman Magma Indonesia, telah terjadi 34 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 10-21 mm, dan lama gempa 50-150 detik. Adapun, status Gunung Semeru adalah Level II Waspada.

Lalu, dua kali gempa Awan Panas Guguran dengan amplitudo 21-25 mm dan lama gempa 480-5160 detik dan 13 kali gempa Guguran dengan amplitudo 2-12 mm dan lama gempa 40-180 detik.

Selain itu, terjadi 15 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 2-8 mm, dan lama gempa 35-70 detik dan satu kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 5 mm, S-P 17 detik dan lama gempa 30 detik.

Pengamatan visual Gunung Semeru tertutup Kabut 0-II hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca mendung hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut dan selatan.

Masyarakat, pengunjung atau wisatawan diimbau tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak Gunung Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan.

Semua pihak wajib mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Masyarakat diimbau menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas Gunung Semeru karena saat ini suhunya masih tinggi. Perlu diwaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pvmbg Gunung Semeru
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top