Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nekat Gelar Aksi di Jakarta, Polisi Bakal Tindak Panitia Reuni 212

Polisi menyatakan sanksi tegas bakal menanti pihak-pihak dan panitia yang nekat mengarahkan massa aksi reuni 212 ke Patung Kuda.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  13:44 WIB
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12). - Antara
Umat muslim mengikuti aksi reuni 212 di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya memastikan akan menindak panitia aksi reuni 212 yang mengarahkan massa aksi ke Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan, pihaknya tidak memberikan izin kegiatan reuni 212 di Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Atas dasar itu, sanksi tegas bakal menanti pihak-pihak dan panitia yang nekat mengarahkan massa aksi reuni 212 ke Patung Kuda.

"Kalau tetap ada yang masuk jangankan steering comitee semua orang yang terlibat kegiatan itu akan dikenakan sanksi pidana. Apalagi steering comitee panitia pelaksana penanggung jawab yang mengarahkan orang ke sana itu pasti ini lagi lebih dianggap bertanggung jawab," kata Zulpan, Kamis (2/12/2021).

Zulpan mengatakan, polisi dapat menjerat panitia atau peserta Reuni 212 dengan Pasal 212, 216, dan 218 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) apabila tetap nekat arahkan aksi ke Patung Kuda.

Dia pun mengimbau masyarakat tidak memaksakan diri menghadiri Reuni 212 di kawasan Patung Kuda Arjuna.

"Kemudian apabila ada kelompok tertentu yang tetap maksa ingin melakukan kegiatan itu tentunya akan ada sanksi pidana. Udah dikategprikan pelanggaran hukum. Kita kenakan di Pasal 212 sampai 218 KUHP," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan tidak memberi izin acara reuni 212 di Jakarta. Polda Metro Jaya memastikan akan bertindak tegas apabila ada massa yang tetap nekat menggelar reuni di Jakarta.

"Polda Metro Jaya dalam hal ini sebagai penanggung jawab keamanan ibu kota tidak mengeluarkan izin untuk kegiatan reuni 212 apabila dilakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya khususnya di Patung Kuda," kata Zulpan kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya Reuni Akbar 212 Reuni 212
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top