Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Ungkap Kondisi Kesehatan Terkini di AS, Terima Kasih ke Jokowi dan Megawati

SBY menyampaikan kabar terkini terkait kondisi kesehatannya pasca menjalani operasi pengangkatan kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan arahan kepada para pemimpin dan kader Partai Demokrat, Rabu, 24 Februari 2021 - Youtube Partai Demokrat
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan arahan kepada para pemimpin dan kader Partai Demokrat, Rabu, 24 Februari 2021 - Youtube Partai Demokrat

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kabar terkini terkait kondisi kesehatannya pasca menjalani operasi pengangkatan kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Kabar terkait kondisi kesehatannya itu disampaikan melalui akun Instagram milik mendiang istrinya Ani Yudhoyono @aniyudhoyono, Selasa (23/11).

Dalam video berdurasi 7 menit 9 detik itu, SBY mengatakan telah menjalani tindakan medis berupa operasi besar pengangkatan prostatnya yang mengandung sel-sel kanker.

Dia mengungkapkan operasi itu telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ekspektasi tim dokter.

"Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi, baik tim Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri," kata SBY, Selasa (23/11/2021).

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengatakan bahwa dirinya masih menjalani proses pemulihan pasca-operasi. Sejauh ini, menurutnya, tim dokter menyimpulkan pengobatan kanker prostat yang dia alami sesuai perkiraan.

"Pihak Mayo Clinic juga berpendapat demikian setelah melihat hasil patologi kanker yang ada dalam tubuh saya, maka pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme pada saatnya apa yang saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal," jelasnya.

SBY menambahkan, semua proses yang dilaluinya bisa berjalan dengan lancar karena pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, teknologi, metodologi, serta keterampilan tim dokter.

Dia pun menyatakan akan mematuhi semua proses yang akan dijalani sebagai pasien di Mayo Clinic.

Selain itu, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah tokoh, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian, perhatian, dan bantuannya. Saya juga menghaturkan terima kasih kepada Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden kelima RI atas perhatian, kepedulian, dan doa baik beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini," ujar SBY.

SBY juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden ke-11 RI Boediono atas doa yang telah disampaikan kepada dirinya dan keluarga.

Selain itu, SBY juga menyampaikan terima kasih atas semua doa yang disampaikan melalui telepon, media sosial, acara doa bersama, maupun menemuinya secara langsung di Rochester agar pengobatannya berlangsung dengan baik.

Sebelumnya, SBY didiagnosis menderita kanker prostat berdasarkan pemeriksaan metode Magnetic resonance imaging (MRI), biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) scan.

Saat menjalani operasi di Mayo Clinic, SBY didampingi oleh kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) serta dua orang menantunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper