Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Kotawaringin Timur, BNPB: Tak Ada Korban Jiwa

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan banjir yang menerjang delapan kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, hingga malam tadi, Minggu (14/11), pukul 21.30 WIB belum surut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan banjir yang menerjang delapan kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, hingga malam tadi, Minggu (14/11), pukul 21.30 WIB belum surut.

“BPBD setempat melaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut,” ujarnya lewat rilisnya, Senin (15/11/2021)

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Kotawaringin Timur, delapan Kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Tualan Hulu, Kecamatan Mentaya Hulu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kecamatan Kota Besi, Kecamatan Parenggean, Kecamatan MB Ketapang, Kecamatan Baamang dan Kecamatan Cempaga.

Banjir ini menggenangi 576 unit rumah warga dan 2 unit fasilitas pendidikan dengan ketinggian air berkisar antara 10 - 100 sentimeter.

Selanjutnya, BPBD Kabupaten Kotawaringin Timur terus melakukan update mengenai pendataan dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat  guna memberikan penanganan darutat.

Distribusi bantuan terhadap warga terdampak dilakukan BPBD bersama tim gabungan. Berdasarkan pemantauan visual dilapangan per Minggu (14/11) pukul 21.30 WIB, cuaca saat ini hujan dengan intensitas sedang dan banjir masih menggenangi wilayah terdampak.

Merujuk prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur hingga 3 hari ke depan (17/11) terpantau berawan. Melihat kondisi ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan, terlebih adanya risiko ancaman bahaya fenomena La Nina.

Seperti yang sudah disampaikan Kepala BNPB, Ganip Warsito bahwa salah satu langkah pencegahan dan antisipasi yang dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan sungai atau susur sungai dengan melibatkan TNI-POLRI, Basarnas, Pemerintah Desa serta unsur Pentahelix lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper