Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Mau Audit LSM, MAKI: Kami Akan Berkirim Surat Resmi

Lebih lanjut, MAKI menyambut baik rencana audit LSM. MAKI memastikan kesediaan pihaknya untuk membuka seluruh hal yang diperlukan terkait kinerja dan keuangan.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 14 November 2021  |  12:42 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani klarifikasi terkait laporannya terhadap Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti di Polda Metro Jaya, Senin (27/9/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) menyambut baik rencana Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang akan melakukan audit terhadap lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengaku berencana berkirim surat ke Luhut untuk segera merealisasikan rencana audit LSM tersebut.

"Sebagai bentuk keseriusan, MAKI minta audit oleh LBP (Luhut Binsar Pandjaitan), MAKI akan berkirim surat resmi kepada LBP," kata Boyamin dalam keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Bahkan, Boyamin mengaku akan menggugat Luhut apabila tak kunjung mengaudit MAKI.

"Jika MAKI tidak dilakukan diaudit maka MAKI akan gugat LBP ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) karena tidak menerbitkan Surat Keputusan perintah audit kepada MAKI," katanya.

Lebih lanjut, Boyamin menyambut baik rencana audit LSM. Dia pun memastikan kesediaan pihaknya untuk membuka seluruh hal yang diperlukan terkait kinerja dan keuangan.

"Karena LSM tidak boleh merasa hebat dan tidak mau dikontrol," katanya.

Menurut Boyamin, LSM melakukan kontrol terhadap pemerintah. Sebaliknya, menurut Boyamin, LSM juga sebaiknya bersedia untuk dikontrol oleh Pemerintah sebagai bentuk check and balance.

"Audit ini bukan sebagai bentuk intervensi terhadap independensi kerja-kerja LSM. MAKI tidak akan risih jika dilakukan audit oleh pemerintah. Kalau bersih, kenapa takut?," katanya.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bakal melakukan audit terhadap LSM yang kerap memberikan data yang salah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsm antikorupsi Luhut Pandjaitan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top