Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perparnas XVI Papua, Wapres: Gantian Saya yang Buka, Presiden yang Tutup

Wapres Ma'ruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua pada Jumat (5/11) di Stadion Mandala, Jayapura.
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri upacara penutupan PON XX Papua diStadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10) - Youtube PON XX Papua 2021
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri upacara penutupan PON XX Papua diStadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10) - Youtube PON XX Papua 2021

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin secara resmi membuka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2021 di Papua pada Jumat (5/11) di Stadion Mandala, Jayapura.

Dalam pidatonya, Wapres menyampaikan bahwa atlet disabilitas merupakan obor bagi Negeri.

“Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi. [Oleh sebab itu] Peparnas Papua resmi saya buka," kata Wapres pada upacara pembukaan Peparnas 2021 di Stadion Mandala, Jumat (5/11/2021)

Ma'ruf turut menyampaikan pujian kepada panitia dan masyarakat Papua atas persiapan menggelar Peparnas 2021.

"Meskipun banyak tantangan, tetapi dengan kerja keras dan dukungan masyarakat Papua yang saya cintai, telah berhasil menyiapkan venue pertandingan dan sarana pendukung sesuai standar Peparnas," ujarnya.

Dia melanjutkan, kegiatan ini adalah ajang untuk mendobrak batas diri dan berjuang sebagai pemenang. Menurutnya, Peparnas bukan sekadar kompetisi olahraga, tapi ajang pembuktian adanya semangat kesetaraan bagi semua kalangan masyarakat.

"Mari kita rakayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan 'sehati mencapai tujuan ciptakan prestasi'," kata Ma'ruf Amin.

Ajang ini juga pembuktian komitmen pemerintah memberikan perlakuan sama bagi setiap warga negara. Dia pun menyatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta dirinya membuka Peparnas. Adapun, setelahnya presiden sendiri yang akan menutupnya.

"Pada PON lalu, presiden yang membuka dan saya yang menutupnya. Ini sebaliknya, saya yang membuka, nanti presiden yang menutupnya. Ini baru terjadi di Tanah Papua. Papua memang hebat," tegasnya.

Hal menarik juga dilakukan oleh Ma'ruf Amin yang mengucapkan pantun untuk membuka secara resmi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

"Tanah Papua Bumi Cenderawasih. Pace mace manis senyumnya. Cukup sekian dan terima kasih, Peparnas Papua, resmi saya buka," ujarnya.

Selanjutnya, tidak lama terdengar kemilau kembang api serta petasan menandai Pembukaan Peparnas XVI.

Pembukaan Peparnas mengusung tema Cahaya dari Timur Papua yang diikuti oleh 1.985 atlet penyandang disabilitas dari 34 provinsi yang akan berupaya mencetak sejarah sebagai yang terbaik.

Mereka akan berlomba untuk menyumbangkan keping medali bagi kontingen masing-masing pada Peparnas XVI, 5-15 November 2021.

Para atlet akan berlaga pada 12 cabang olahraga, terdiri atas angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper