Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Dinilai Perlu Kaji Ulang Syarat PCR Semua Moda Transportasi

Anggota Komisi V DPR berharap pemerintah mengkaji kembali rencana penerapan tes PCR sebagai syarat perjalanan untuk semua moda transpotasi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  15:00 WIB
Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Senin (2/11/2020). - Antara
Warga menjalani tes usap atau swab test di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Senin (2/11/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diharapkan mengevaluasi kembali kewajiban tes PCR sebagai syarat perjalanan untuk semua moda transpotasi pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan selain akan membebani penumpang, persyaratan tes PCR untuk semua moda transportasi juga dikhawatirkan membuat perusahaan transportasi mati suri.

"Selama pandemi ini pakai tes antigen saja sudah cukup. Mengapa sekarang tiba-tiba mewajibkan PCR? Apalagi untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh. Kalau semua diwajibkan PCR, beban biaya perjalanan penumpang makin bengkak," Kata Sigit dalam siaran pers, Jumat (28/10/2021).

Dia menambahkan kewajiban tes PCR untuk semua penumpang  transportasi yang melakukan perjalanan domestik tidak efektif dari sisi biaya dan waktu. Di sisi lain akan membunuh sektor transportasi yang mulai bangkit.

Menurutnya, bisnis sektor transportasi sudah mengalami keterpurukan sejak 2020. Jika untuk perjalanan domestik diberlakukan persyaratan yang membebani penumpang, otomatis akan membuat sektor transportasi mati suri lagi seperti tahun lalu.

"Padahal transportasi publik merupakan pemicu pertumbuhan kegiatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sigit berharap pemerintah tidak lagi membebani masyarakat dengan berbagai persyaratan perjalanan yang menyebabkan biaya tinggi seperti tes PCR.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini menyebut pemerintah akan memberlakukan tes PCR untuk semua moda transportasi yang rencanakanya  dilakukan jelang masa libur Nataru.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top