Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Mekar Lagi, Ini Penampakannya

Amorphophallus titanium (Becc.) Becc. atau yang lebih dikenal sebagai bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas BRIN mekar pada Rabu (13/10/2021) dini hari tadi.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 13 Oktober 2021  |  10:23 WIB
Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas BRIN
Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas BRIN

Bisnis.com, SOLO - Bunga Bangkai dengan koleksi 76i di Kebun Raya Cibodas BRIN mekar penuh pada Rabu (13/10/2021) pukul 00.31 WIB. Inisiasi pembukaan mekar kelopak sendiri sudah terlihat sejak Selasa (12/10/2021) pukul 15.00 WIB.

Dari rilis yang didapat oleh Bisnis, hasil pengukuran terakhir tinggi perbungaan mencapai 289 cm, keliling 145,5 cm, dan garis tengah kelopak (spatha) pada posisi mekar penuh 128 cm.

Pada waktu mekar penuh, perbungaan pun terlihat indah dengan tongkol atau spadiks berwarna kuning dikelilingi oleh seludang bunga atau spatha yang berwarna merah keunguan.

Tak pelak, momen kemekaran ini pun disambut dengan suka-cita. Wajar saja, pasalnya momen tersebut bisa dibilang cukup langka lantaran bunga bangkai terkait hanya dapat mekar setiap 2-3 tahun bahkan lebih.

Oleh karenanya pula, pihak Kebun Raya Cibodas BRIN pun mengizinkan masyarakat umum untuk melihatnya dari luar pagar guna melindungi status konservasi tumbuhan tersebut.

Di sisi lain, mengingat bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, para pengunjung pun diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan melakuka scan pada banner aplikasi PeduliLindungi yang ditempatkan di pintu masuk.

"Kami juga menerapkan adaptasi kebiasaan baru kepada seluruh yang ada di Kawasan Kebun Raya Cibodas BRIN, baik pengunjung atau karyawan. [Mereka] wajib memakai masker. Kami aktif mengimbau pembatasan jarak kepada semuanya dan membatasi jumlah pengunjung yang datang ke Kebun Raya Cibodas BRIN. Ini semata-mata komitmen kami untuk mewujudkan Kebun Raya BRIN sebagai destinasi eduwisata yang aman dikunjungi serta berperan aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia," ucap Marga Anggrianto, General Manager PT Mitra Natura Raya di Kebun Raya Cibodas BRIN.

Lepas dari itu, Kebun Raya Cibodas BRIN buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk bisa masuk, pengunjung perlu membayar Rp15.000 pada hari biasa dan Rp25.000 pada akhir pekan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanaman kebun raya Badan Riset dan Inovasi Nasional-BRIN
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top