Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LTMPT Rilis 1.000 SMA Terbaik, Ada 9 Fakta Menarik untuk Disimak

Daftar tersebut disusun mengikuti statistik nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam proses seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang lalu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Oktober 2021  |  09:28 WIB
Salah satu tenaga kependidikan sedang memeriksa suhu tubuh sebelum memasuki ruangan sekolah pada saat PTM terbatas di SMA N 46 Jakarta, Rabu (15/9/2021). ANTARA - Sihol Hasugian
Salah satu tenaga kependidikan sedang memeriksa suhu tubuh sebelum memasuki ruangan sekolah pada saat PTM terbatas di SMA N 46 Jakarta, Rabu (15/9/2021). ANTARA - Sihol Hasugian

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis daftar SMA terbaik dalam Top 1.000 Sekolah 2021 berdasarkan hasil UTBK.

Daftar tersebut disusun mengikuti statistik nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam proses seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang lalu. LTMPT mencatat total ada 777.858 peserta ujian itu dari 23.110 sekolah.

Dilansir tempo.co, Senin (11/10/2021), data statistik itu mengungkap daftar sekolah yang masuk 10 besar. Berikut ini adalah sembilan fakta lain dari data pemeringkatan berdasarkan nilai UTBK tersebut yang perlu diketahui:

  1. MAN Insan Cendekia Serpong naik satu peringkat dari tahun lalu. Sekolah ini bertukar posisi dengan SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta.
  2. Hampir seluruh sekolah berubah posisi peringkatnya dibandingkan tahun lalu. Sedikit saja yang tetap, di antaranya SMA 1 Kristen BPK Penabur Jakarta yang tahun ini tetap di peringkat 6. Dalam peringkat 100 besar, hanya dua sekolah yang tak berubah posisinya, dan empat sekolah untuk 200 besar.
  3. SMAN 3 Yogyakarta dan SMAN 28 Jakarta masuk 10 besar pada tahun ini lewat lompatan, masing-masing lima dan empat peringkat.
  4. SMA Katolik St Louis 1 Surabaya terlempar dari 10 besar pada tahun ini, turun tiga peringkat ke posisi 13.
  5. Sekolah yang masuk 10 besar nasional tahun ini tersebar di DKI Jakarta (4), DI Yogyakarta (2), Jawa Timur (1), Jawa Barat (1), Banten (1), dan Sumatera Utara (1).
  6. Dalam 20 besar, SMA Labschool Kebayoran Jakarta mencatat kenaikan posisi tertinggi, naik 16 peringkat ke urutan 12 pada tahun ini.
  7. Tambahan sekolah yang mengisi peringkat 20 besar didominasi dari Jakarta kemudian Banten (2), DI Yogyakarta (1) dan Jawa Timur (1).
  8. Dalam 50 besar, SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta catat kenaikan posisi tertinggi, naik 41 peringkat ke urutan 37 pada tahun ini
  9. Hanya ada empat sekolah yang berasal dari luar Pulau Jawa di antara 50 SMA terbaik pada tahun ini. Mereka adalah SMA Unggul Del di Sumatera Utara (peringkat 4), SMAN Banua di Kalimantan Selatan (peringkat 22), MAN Insan Cendekia Gorontalo (peringkat 25), dan SMAN 1 Sumatera Barat (peringkat 42).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sma UTBK Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top