Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memaknai Pancasila, Pemudah Muhammadiyah DKI Jakarta Gelar Orasi Kebudayaan dan Kegiatan Sosial

Pemuda Muhammadiyah ungkapkan pentingnya politik Pancasila.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  10:42 WIB
Bendera Pemuda Muhammadiyah - sangpencerah.com
Bendera Pemuda Muhammadiyah - sangpencerah.com

Bisnis.com, JAKARTA- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta melaksanakan kegiatan “Gerakan Cinta Pancasila” yang diisi orasi dan aksi, pada Jumat (1/10/2021).

Kegiatan yang berpusat di dua lokasi berbeda di Jakarta itu berkonsep hibrida, daring dan luring. Pelaksanaan secara virtual dilaksanakan dengan zoom meeting yang dipandu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jakarta dari  Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Jl. Kramat Raya 49.

Sedangkan apel memperingati “Kesaktian Pancasila” berlangsung di Lapangan Kantor Pimpinan Cabang Kramat Jati yang beralamat di Jalan Dewi Sartika, No. 316.A yang dilakukan oleh Organisasi organisasi Otonom Muhammadiyah yaitu Pemuda Muhammadiyah beserta Kokam, Hizbul Wathan, dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Bayu, orasi dan aksi sengaja mengambil tema “Pengarusutamaan Islam Wasathiyah melalui sikap Kebangsaan dan Tatanan Kenegaraan”. Dia mengungkapkan dengan kegiatan ini diharapkan kalangan Muhammadiyah selalu menggali dan menyebarkan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Acara tersebut diikuti ribuan warga Muhammadiyah DKI Jakarta dari segala unsur dan tingkatan,” ungkap Bayu.  

Dia mengungkapkan kesadaran wasathiyah dalam politik Pancasila akan mampu menghindari disintegrasi Bangsa. Karena itu, tujuan kegiatan inipun menyasar generasi milineal untuk turut berpartisipasi.

“Harapannya mereka menjadi garda terdepan penebar perdamaian umat, serta mau berupaya mewujudkan kesadaran mengenai tatanan kenegaraan yang adil dalam upaya menciptakan keadilan sosial,” tutup Bayu. 

Orasi orasi akan dilakukan oleh KH. Sunan Misckan  selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta dan Dr. Busyro Muqoddas, SH. M.Hum yang menjabat Ketua Pimpinan Pusat, serta  Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran. 

Sebelumnya, Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta juga menyelenggarakan program vaksinasi massal. Kegiatan tersebut merupakan dukungan kepada Pemprov DKI Jakarta yang mengejar tingkat kekebalan kelompok dengan 80% populasi tervaksin.

Kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan Pemuda Muhamadiyah DKI Jakarta tersebar di 4 titik lokasi yakni Cawang, Tebet, Kedoya, dan Tugu Utara. Melalui inisiasi ini, Pemuda Muhammadiyah berkomitmen penuh mendukung capaian target vaksinasi dengan memaksimalkan seluruh sumberdaya yang dipunyai agar warga kembali aman dan nyaman beraktivitas dan bersiap menyambut kehidupan normal baru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pp muhammadiyah
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top