Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lodewijk Paulus Resmi Diumumkan Sebagai Pengganti Azis Syamsuddin

Lodewijk Paulus resmi menjabat Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin yang ditangkap KPK karena kasus suap.
Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Letnan Jenderal TNI (Purn) Lodewijk Paulus. ANTARA/Boyke L Watra
Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Letnan Jenderal TNI (Purn) Lodewijk Paulus. ANTARA/Boyke L Watra

Bisnis.com, JAKARTA—Ketua DPR Puan Maharani mengumumkan Lodewijk Paulus sebagai pengganti Wakil Ketua Azis Syamsuddin.

Pengumuman pergantian itu dilakukan setelah Puan menerima surat secara langsung dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dalam keterangan singkatnya saat didampingi Airlangga Hartarto, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra) dan Ketua Fraksi Partai Golkar Kahar Muzakir, Puan mengatakan siap untuk memproses pergantian pimpinan DPR tersebut.

Pergantian itu, ujar Puan, dilakukan karena Azis Syamsuddin telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil ketua DPR periode 2019-2024.

“Sesuai dengan mekanismenya kami akan memproses pergantian antar waktu itu per tanggal 30 September besok,” ujarnya, Rabu (29/9/2021).

Puan menambahkan bahwa sesuai dengan mekanisme tersebut pimpinan DPR akan meneruskan mekanisme tersebut sehingga dalam waktu yang tidak lama akan ada pergantian antar waktu (PAW) wakil ketua DPR.

Puan juga mengatakan terkait dengan proses hukum yang sedang dijalani Azis Syamsuddin, biarlah hal itu berjalan di ranah hukum dan pimpinan DPR menghargai dan akan mengikuti proses hukum tersebut.

Sementara itu, Ketum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa sesuai dengan mekanisme yang ada ini partai Golkar pihaknya sudah melakukan rapat pleno terbatas dan rapat pleno harian untuk pergantian pimpinan DPR di bidang politik, hukum, dan keamanan tersebut. 

Airlangga mengatakan pihaknya juga suduah berkonsultasi dengan para senior dan sesepuh Golkar pada 27 September untuk memutuskan untuk menunjuk Lodewijk Paulus sebagai calon wakil ketua DPR menggantikan Azis Syamsudin.

Airlangga kemudian membacakan sekilas biodata Lodewijk yang lahir di Manado pada 27 Juli tahun 57 tersebut yang saat masih menjabat sebagai sekjen Partai Golkar.

Pangkat terakhir Lodewijk di militer adalah jenderal bintang 3 dan menjadi anggota DPR  mewakili Lampung pada periode 2019-2024. Dia juga pernah memegang komandan doktrin pendidikan kodiklat TNI angkatan darat seain menjadi komandan jenderal Kopassus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper