Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang PON XX, BNPB Kirim 3 Juta Masker ke Papua

Pengiriman 3 juta masker sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan protokol kesehatan selama perhelatan PON XX di Papua.
Logo PON XX Papua 2020/portal.merauke.go.id
Logo PON XX Papua 2020/portal.merauke.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai melakukan pengiriman 3 juta masker ke Papua pada Rabu (22/9/2021).

Pengiriman 3 juta masker ini sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan protokol kesehatan selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Bantuan dikirim menggunakan pesawat Hercules TNI dan akan didistribusikan ke sejumlah titik pelaksanaan PON. Titik-titik tersebut meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Selain masker, BNPB juga mengirim 3.000 boks alat tes antigen, 500.000 botol cairan antiseptik, serta peralatan pendukung seperti velbed hingga tenda gerai.

"Kami ingin mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XX di Papua dan meningkatkan kesiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan," kata Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito dalam siaran pers Rabu (22/9/2021).

Apabila tidak ada kendala, PON XX bakal berlangsung pada 2-15 Oktober mendatang. Selama prosesi pesta olah raga terbesar di Indonesia itu, BNPB akan turut mengoperasikan mobil masker untuk menjangkau masyarakat dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan.

BNPB menjanjikan bahwa mereka akan melakukan aksi jemput bola. Harapannya, penyelenggaraan PON akan tetap berjalan lancar dan pada saat yang sama tingkat penularan Covid-19 di Papua maupun seluruh Indonesia dapat terkendali.

"BNPB dan BPBD di daerah telah bersiaga untuk mengantisipasi potensi bahaya yang terkait dengan bencana alam. BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD dalam kesiapan personel untuk mendukung kesiapsiagaan, seperti memastikan adanya tanda jalur evakuasi aman dari Covid-19 atau titik kumpul," sambung Ganip.

Rencananya, pada PON mendatang akan ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan para atlet. Total partisipan kompetisi adalah 6.000 atlet dan 3.000 orang anggota tim pelatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper