Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbandingan Kekayaan Tiga Calon Panglima TNI, Siapa Paling Tajir?

Sampai saat ini DPR belum menerim surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 06 September 2021  |  13:09 WIB
Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan sambutannya sebelum menerima hasil uji klinis tahap tiga obat baru untuk penanganan pasien COVID-19 di Jakarta, Sabtu (15/8 - 2020). Universitas Airlangga bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat (AD), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri menyelesaikan penelitian obat baru untuk pasien COVID/19 yang dirawat tanpa ventilator di rumah sakit, b
Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang juga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan sambutannya sebelum menerima hasil uji klinis tahap tiga obat baru untuk penanganan pasien COVID-19 di Jakarta, Sabtu (15/8 - 2020). Universitas Airlangga bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat (AD), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri menyelesaikan penelitian obat baru untuk pasien COVID/19 yang dirawat tanpa ventilator di rumah sakit, b

Bisnis.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November. Setidaknya ada tiga nama yang mencuat bakal menggantikannya, yaitu KSAD Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.
 
Wakil Ketua Komisi Pertahanan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Abdul Kharis Almasyhari mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nama calon Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto.
 
“Kita menunggu surat saja. Itu terserah Presiden [berapa nama yang akan dikirim]. Kita akan proses mau dikirim satu, dua, atau tiga,” kata Kharis saat dihubungi Bisnis, Senin (6/9/2021).
 
Kharis menjelaskan bahwa karena di TNI memiliki tiga matra, yaitu angkatan darat, laut, dan udara, maka semua nama kepala staf bisa diajukan.
 
Biasanya, tambah Kharis, yang akan menjadi Panglima TNI berurutan. Akan tetapi ada dua model pola.
 
“Misalnya darat, laut, kemudian udara. Ada juga melihat proporsi jumlah prajurit,” jelasnya.
 
Kharis menuturkan bahwa setelah orang nomor satu di TNI berganti dari angkatan darat ke udara, setelahnya ke darat lagi. Setelah itu ke angkatan laut lalu kembali ke darat. Ini dikarenakan jumlah prajurit TNI mayoritas ada di angkatan darat.

Sementara itu, jika melibat total kekayaan masing-masing bakal calon, siapakah yang paling tajir?

1. Andika Perkasa
 
Berdasarakn data LHKPN, KSAD Andika menjadi bakal calon yang paling tajir. Perbedaan kekayaan dengan kandidat yang lainnya mencapai 10 kali lipat.
 
Andika terakhir kali menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggaran negara (LHKPN) pada 20 Juni 2021. Total aset yang dimiliki Rp179,9 miliar.
 
Harta Andika terdiri atas kas dan setara kas Rp126,9 miliar, tanah dan bangunan Rp38,1 miliar. Tanah dan bangunan Andika tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta, Cianjur, Bogor, Surabaya, Bantul, Lampung, Sleman dan beberapa daerah lainnya.

Selain itu, dia juga tercatat memiliki tanah dari hibah di luar negeri yaitu di Australia dan Amerika Serikat.
 
Sedangkan transportasi dan mesin yang dia miliki bernilai Rp2,6 miliar. Andika tercatat memiliki mobil Landrover Sport Tahun 2014 senilai Rp800 juta. Selain itu, dia juga memiliki mobil mewah Mercedes Benz Sprinter 315 tahun 2018 senilai Rp1,8 miliar.

Terakhir, dalam bentuk surat berharga Rp2,1 miliar dan harta bergerak lainnya Rp10,1 miliar.

2. Yudo Margono
 
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono melaporkan hartanya ke LHKPN pada 22 Februari 2021. Tercatat total harta dan kekayaannya mencapai Rp11,3 miliar.
 
Yudo tercatat memiliki 18 bidang tanah yang jumlahnya Rp6,9 miliar. Sejumlah tanah miliknya tersebar di berbagai daerah seperti di Surabaya, Sorong, Bekasi, Tangerang dan Madiun, dan Sidoarjo.

Adapun, transportasi yang dimilikinya senilai Rp630 juta. Yudo tercatat memiliki sepeda motor Honda tahun 2010 senilai Rp10 juta, mobil Toyota Fortuner tahun 2021 Rp300 juta, Mitsubishi Pajero Sport Rp310 juta, dan sepeda motor honda tahun 2013 Rp10 juta.

Yudo juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya Rp365 juta. Untuk kas setara kas lainnya dilaporkan Rp3,4 miliar.

3. Fadjar Prasetyo
 
Sementara itu, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo terakhir melaporkan LHKPN pada 22 Februari 2021. Total kekayaannya mencapai Rp12,1 miliar.
 
Harta tersebut terdiri atas tanah dan bangunan Rp8,7 miliar. Tanah miliknya tersebar di Jakarta dan Cianjur.

Fadjar tercatat memiliki alat transportasi senilai Rp335 juta. Kendaraan yang dimilikinya adalah mobil Toyota Alphard tahun 2014 senilai Rp210 juta dan mobil Toyota New Camry tahun 2011 Rp125 juta.

Dia juga tercatat memiliki kas dan setara kas Rp2,9 miliar, serta harga bergerak lainnya Rp139 juta.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panglima tni lhkpn CALON PANGLIMA TNI Andika Perkasa
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top