Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gandeng Kemenparekraf, Adira Finance Gelar Festival Kreatif Lokal

Melalui kegiatan ini, Adira Finance berkomitmen memajukan sektor UMKM.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 01 September 2021  |  19:08 WIB
Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli  -  Bisnis / Arif Gunawan
Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli - Bisnis / Arif Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA- Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) kembali menggelar Festival Kreatif Lokal (FKL) untuk yang kedua kali, mengangkat tema ‘Tumbuh Bersama Sahabat’. Tema ini menjadi motivasi agar para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh bersama melalui kolaborasi, dan menunjukkan semangat terus maju.

Festival Kreatif Lokal 2021 akan berlangsung hingga November nanti. Kegiatan yang konsisten diadakan setiap tahun ini, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance untuk Indonesia, khususnya Sahabat Lokal yang fokus terhadap pemberdayaan sektor pariwisata, budaya, kearifan lokal, dan UMKM. 

Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Adira Finance untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif melalui program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia, khususnya bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, dan Mandalika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pelaku UKM di sektor pariwisata melalui Festival Kreatif Lokal 2021

”Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 bukti konsistensi dan kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Lebih utama lagi, Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,” kata Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (1/9/2021).

Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi peluang untuk meningkatkan kapasitas UKM dalam beradaptasi serta berinovasi terhadap perkembangan dunia usaha, terutama pada industri pariwisata. Selain sebagai modal untuk bertumbuh, Festival Kreatif Lokal 2021 juga bermanfaat bagi pelaku UKM dalam mendapatkan pelatihan karena menggunakan metode practical, sehingga dapat diterapkan langsung dalam bisnis UKM. Hal ini menjadi peluang besar bagi UKM dalam memaksimalkan potensi usaha ke depannya.

“Festival Kreatif Lokal 2021 sejalan dengan program Kemenparekraf RI dalam menggerakkan kembali roda perekonomian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, serta merupakan langkah nyata berkelanjutan yang dilakukan Adira Finance, sebagai contoh kolaborasi yang baik di mana pihak swasta turut membantu kemajuan UKM di lima Destinasi Super Prioritas Pariwisata Indonesia,” lanjut Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, menjelaskan, bahwa Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-31 Adira Finance. Melalui kegiatan ini, Adira mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi.

“Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” jelasnya.

Festival Kreatif Lokal 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yang meliputi Grand Launching, Kreatif Lokal Award 2021, dan Malam Gebyar Adira Kreasi 2021 yang menjadi acara puncak. Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan HUT ke-31 Adira Finance pada November mendatang bertempat di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut berupaya mencari UKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, dan Fesyen, dari masing-masing lima Destinasi Super Prioritas pariwisata Indonesia. Pada prosesnya, UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan diseleksi dan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan.

Selain itu, tujuan, sekaligus dampak usaha terhadap pengembangan ekosistem daerah wisata, termasuk juga unsur kebudayaan dan pemberdayaan sumber daya masyarakat di sekitar lokasi usaha mereka.

“Sesuai dengan janji brand ‘Sahabat Setia Selamanya’, Adira Finance hadir bagi UKM yang ingin tumbuh. Kami berharap Festival Kreatif Lokal 2021 dapat menjadi momentum mengubah pola pikir UKM dari fix mindset to growth mindset dan membuka peluang produk berkualitas UKM Indonesia berkembang ke internasional,” tutup Hafid Hadeli.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adira finance
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top