Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspadai Gempa Bumi, Badan Geologi Luncurkan Peta Patahan Aktif

Peta tersebut dapat dijadikan rujukan dalam menganalisis kemungkinan bencana secara probabilistik dan deterministik untuk menghitung potensi resiko gempa bumi yang akan terjadi.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  16:32 WIB
Ilustrasi peta geologi Indonesia - dok. Kementerian ESDM
Ilustrasi peta geologi Indonesia - dok. Kementerian ESDM

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan peta patahan aktif yang dapat digunakan sebagai data dan informasi bencana gempa bumi yang berasal dari patahan aktif.

Eko Budi Lelono, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, mengatakan bahwa peta patahan aktif dapat menjadi solusi mitigasi ancaman bencana gempa bumi dan letusan gunung api.

Letak geografis Indonesia yang berada di dalam lingkup geotektonik tunjaman dan tumbukan antarlempeng tektonik aktif memang menjadikan Tanah Air sebagai wilayah rawan gempa bumi dan letusan gunung api.

Peta patahan aktif Indonesia disusun untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi bencana gempa bumi bersumber dari patahan aktif dalam bentuk peta patahan aktif skala 1 : 5.000.000,” katanya, Jumat (13/8/2021).

Eko menuturkan peta tersebut dapat dijadikan rujukan dalam menganalisis kemungkinan bencana secara probabilistik dan deterministik untuk menghitung potensi resiko gempa bumi yang akan terjadi.

Pusat Survei Geologi juga telah melakukan pemetaan seismotektonik, yaitu peta yang merupakan cikal bakal peta patahan aktif sejak 1978.

Pemetaan itu telah menghasilkan setidaknya 17 lembar peta seismotektonik dengan skala 1: 100.000, dan 25 lembar peta seismotektonik skala 1 : 250.000.

Kepala Pusat Survei Geologi Hendra Gunawan menambahkan mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya merupakan wali data peta patahan aktif Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 23/2021 dan Keputusan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Nomor 27/2019.

Saat ini, Pusat Survei Geologi telah menyelesaikan peta patahan aktif Indonesia skala 1:5 juta yang menyediakan informasi bersifat umum mengenai keberadaan patahan aktif dan potensial aktif.

Tujuannya pemetaan itu adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana gempa bumi khususnya gempa bumi patahan aktif.

Pusat Survei Geologi akan menyelesaikan Peta Patahan Aktif dalam bentuk digital pada tahun 2021–2025 untuk skala 1:1 juta pada pulau-pulau besar, dan lebih detail pada kota-kota rawan bencana,” katanya.

Peta patahan aktif sendiri menyediakan data dan informasi dasar yang dapat dipakai oleh ahli geologi, geofisika, serta ahli teknik sipil dan perencanaan untuk mengevaluasi asal-usul sumber gempa bumi dan potensi bencana yang diakibatkannya.

Publik juga bisa mendapatkan peta ini dengan mendownload pada laman Pusat Survei Geologi di psg.bgl.esdm.go.id atau mengirimkan email ke [email protected]

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa badangeologi
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top