Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duit Nasabah BTPN Raib, Polres Jakarta Utara Periksa Korban

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Polisi Helmy Santika mengatakan bahwa perkara tindak pidana pembobolan nasabah di Bank BTPN tersebut telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat.
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com
Aplikasi dan Kartu Jenius/jenius.com

Bisnis.com, JAKARTA--Polres Metro Jakarta Utara memeriksa Wirawan A Candra selaku nasabah yang menjadi korban pembobolan rekening pribadi sebesar Rp241,85 juta di Bank BTPN dan sempat viral di media sosial.

Wakil Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Ricky Pranata Vivaldy mengatakan korban Wirawan A Candra sudah dimintai klarifikasi terkait perkara tindak pidana pembobolan rekening pribadi miliknya yang mendadak hilang di Bank BTPN pada hari ini Selasa 27 Juli 2021 di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Baru pelapor yang dimintai klarifikasi terkait kasus pembobolan rekeningnya di BPTN hari ini," tutur Ricky saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Menurut Ricky, setelah korban sekaligus pelapor dimintai klarifikasi terkait perkara tersebut, Polres Metro Jakarta Utara akan mengundang saksi lain yang masih dirahasiakan.

"Nantilah, kita lihat perkembangannya," katanya.

Secara terpisah, Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Polisi Helmy Santika mengatakan bahwa perkara tindak pidana pembobolan nasabah di Bank BTPN tersebut telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat untuk ditindaklanjuti.

"Kasusnya ditangani Polda Metro Jaya cq Polres Metro Jakarta Utara," ujar Helmy.

Seperti diketahui, perkara dugaan tindak pidana pembobolan dana nasabah di Bank BTPN tersebut terungkap setelah korban atas nama Wirawan A Candra menceritakan peristiwa yang dialaminya di media sosial hingga viral.

Wirawan mengaku dirinya kehilangan uang sebesar Rp241,85 juta yang disimpan di deposito sebesar Rp220 juta dan tabungan aktif sebesar Rp21,85 juta.

Wirawan tertipu karena ada oknum yang mengaku sebagai call center resmi Jenius Bank BTPN yang mengatakan ada penyesuaian tarif feasible. Lalu, oknum tersebut mengirimkan formulir ke korban melalui situs palsu jeniusbtpn.com.

Setelah memeriksa email pribadi Wirawan, muncul pemberitahuan bahwa telah terjadi transaksi hingga puluhan juta rupiah dari rekening pribadi Wirawan A Candra ke rekening atas nama Baithirifka Kurniawati.

Kemudian, ada juga transaksi puluhan juta lainnya dari rekening pribadi Wirawan A Candra kepada pemilik rekening Jenius BTPN atas nama Sri Restuti Wulandari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper