Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polda Jatim Tak Temukan Indikasi Pidana Kasus Oksigen Palsu Tulungagung

Berdasarkan hasil pemeriksaan 11 orang saksi tersebut, tim penyelidik Polda Jawa Timur tidak menemukan adanya unsur tindak pidana.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 23 Juli 2021  |  11:58 WIB
Pekerja menata tabung oksigen medis di salah satu agen isi ulang oksigen, Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/6/2021). - Antara/Novrian Arbi
Pekerja menata tabung oksigen medis di salah satu agen isi ulang oksigen, Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/6/2021). - Antara/Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA--Polda Jawa Timur telah memeriksa 11 orang saksi terkait kasus tabung oksigen palsu di Tulungagung Jawa Timur.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur Kombes Polisi Farman mengungkapkan berdasarkan hasil pemeriksaan 11 orang saksi tersebut, tim penyelidik Polda Jawa Timur tidak menemukan adanya unsur tindak pidana, karena tabung itu sebenarnya tidak untuk diperjual-belikan dan baru diproduksi BPBD Kabupaten Pacitan satu kali.

"Jadi sejauh ini belum ditemukan adanya mens rea tindakan tersebut sebagai syarat tindak pidana pelaku kejahatan," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, tabung oksigen yang diproduksi oleh BPBD Kabupaten Pacitan Jawa Timur itu tidak boleh digunakan untuk keperluan medis, tetapi hanya digunakan untuk kegiatan penyelaman di laut.

"Oksigen yang diproduksi BPBD Kabupaten Pacitan ini memiliki kadar 22,68% dan nitrogen 78 dan diperuntukan untuk kegiatan penyelaman, bukan medis," katanya.

Kendati demikian, menurut Farman, berdasarkan uji kandungan, pada dasarnya oksigen itu masih aman untuk digunakan makhluk hidup, tapi bukan untuk kegiatan medis.

"Barang bukti yang disita terdiri dari dua tabung oksigen, empat ikan koi yang mati, regulator, dan kompresor milik BPBD Pacitan selaku distributor," ujarnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda jawa timur oksigen
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top