Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Layanan Gratis Telemedicine yang Bisa Diakses Pasien Isoman Covid-19

Salah satunya, paket obat gratis akan dikirimkan untuk yang benar-benar tanpa gejala dan juga bergejala ringan seperti demam.
Telemedicine
Telemedicine

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk menyediakan layanan konsultasi dan obat-obatan gratis bagi pasien positif Covid-19 bergejalan ringan dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Melalui kerja sama itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan melalui 11 platform telemedicine akan memberikan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada 11 platform tersebut. Pasalnya, layanan tersebut diberikan secara gratis kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Obat-obatan dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan Kemenkes. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada 11 platform telemedicine ada Halodoc, Getwell, Gooddoctor, Alodokter, dan lainnya dan semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform dan obat-obatannya dari Kemenkes,” jelasnya, Senin (5/7/2021).

Berikut ini sejumlah hal yang perlu diketahui dari kerja sama antara Kemenkes dengan 11 platform telemedicine:  

- Seluruh proses tersebut akan dilakukan berbasis elektronik dan dalam jaringan atau daring (online).

- Paket obat akan dikirimkan untuk yang benar-benar tanpa gejala dan juga bergejala ringan seperti demam.

- Paket obat dan layanan itu juga terintegrasi dengan berbagai lab PCR. Sehingga melalui telemedicine tersebut, pasien positif Covid-19 dapat difasilitasi melakukan tes PCR.

- Kriteria pasien Covid-19 yang perlu masuk rumah sakit dan yang lebih baik tinggal di rumah, menurut Menkes Budi sebagai berikut: pasien positif dengan saturasi oksigen tinggi, misalnya 95 persen ke atas, tidak sesak dan tidak komorbid, disarankan untuk isolasi mandiri.

"Agar terhindar dari viral load yang tinggi di rumah sakit,” jelas Menkes Budi.  Bila sudah sesak atau saturasi oksigen di bawah 95 dan komorbid, jelas Menkes, pasien harus masuk rumah sakit.

- Berikut ini daftar 11 layanan dan tautan atau link telemedicine yang menyediakan obat gratis pasien Covid-19 yang menjalani isoman:

1. Alodokter https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor https://gooddoctor.onelink.me/

4. Halodoc https://www.halodoc.com/tanya-dokter?utm_source=HD_05_KEMENKES_KEMENKES&utm_medium=social_social&utm_campaign=KEMENKES_ISOMAN_PROGRAM

5. KlikDokter http://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo http://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter http://milvik.id/about-us/

9. ProSehat https://prosehat.com/wa

10. SehatQ https://sehatqapp.onelink.me/

11. YesDok https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper