Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati & Rachmawati Lahir dari Trah Soekarno, Berbeda Pilihan Politik

Rachmawati dan Megawati adalah dua putri Proklamator Soekarno. Hubungan keduanya kerap menjadi sorotan lantaran perbedaan pilihan politik.
Rahmawati Soekarnoputri/Ilustrasi
Rahmawati Soekarnoputri/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri berduka cita atas meninggalnya adik kandungnya, Rachmawati Soekarnoputri, pada Sabtu pagi.

Rachmawati dan Megawati adalah dua putri Proklamator Soekarno. Hubungan keduanya kerap menjadi sorotan lantaran perbedaan pilihan politik. Rachmawati adalah salah satu elit Partai Gerindra dan pendukung Prabowo Subianto.

Sementara Megawati merupakan Ketua Umum PDIP yang tak tergantikan sejak reformasi bergulir. Pada Pilpres 2019 lalu dia berhasil mengantarkan Joko Widodo alias Jokowi terpilih menjadi presiden untuk kedua kalinya.

Meski berbeda pilihan politik, kematian Rachmawati rupanya menimbulkan duka bagi Megawati. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik Beliau yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama dan juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khatimah," kata Hasto dilansir dari Antara, Sabtu (3/7/2021).

Di tengah kesedihan, lanjut dia, Megawati langsung berkomunikasi dengan putra tertua Almarhumah, Rommy Soekarnoputro dan mengucapkan duka cita secara langsung.

"Serta memberikan doa terbaik baik Ibu Rachmawati Soekarnoputri agar dilancarkan jalannya, diampuni dosa-dosanya, dan kepada keluarga yang ditinggal mendapatkan kekuatan," tuturnya.

Seluruh ketentuan protokol kesehatan berkaitan dengan pemakaman Almarhumah Rachmawati Soekarnoputri, tambah Hasto, akan diikuti dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia, Sabtu, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika dihubungi di Jakarta, mengatakan Rachmawati meninggal dunia sekitar pukul 06.15 WIB."Bu Soekarnoputri Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra telah berpulang tadi pagi pada pukul lebih kurang 06.15 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper