Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Panik Hadapi Varian Baru Covid-19, Ikuti Saran Para Ahli Ini

Jika seseorang yang terinfeksi Covid-19 varian Delta bersin atau berbicara, virus akan lebih cepat berpindah ke orang lain.
Personel gabungan TNI dan Polri membagikan masker saat kampanye Protokol Kesehatan Covid-19 di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/1/2021)./Antara
Personel gabungan TNI dan Polri membagikan masker saat kampanye Protokol Kesehatan Covid-19 di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Minggu (31/1/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran varian baru virus Corona menimbulkan kekhawatiran tambahan atas perluasan wabah Covid-19.

Empat varian baru SARS-CoV-2 alias virus Corona itu sejauh ini diidentifikasi lebih mudah menginfeksi dan menyebar.

Di Indonesia, hasil pengurutan gen (genome sequencing) menemukan tiga dari empat varian itu dalam sampel spesimen Covid-19 di Tanah Air. Ketiganya adalah Covid-19 varian Alpha atau B.1.1.7, varian Beta atau B.1.351, dan varian Delta atau B.1.617.

Lalu bagaimana cara agar tidak tertular dari penyakit dan infeksi virus-virus tersebut? 

“Baik varian Delta, Alpha, atau lainnya intinya adalah 5 M,” ujar Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio, Selasa malam, 15 Juni 2021.

Amin menjelaskan, 5 M merupakan protokol kesehatan sebagai strategi pencegahan penularan Covid-19 yang terdiri dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Guru Besar Ilmu Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu menegaskan tindakan pencegahannya tidak berbeda antarvarian SARS-CoV-2 yang satu dengan lainnya. Alasannya, tidak bisa membedakan virus apa yang ada dan beredar di lingkungan masing-masing.

“Kita tidak tahu persis, virus yang ada di lingkungan atau seseorang terinfeksi varian apa. Jadi harus menerapkan prinsip yang sama (5M),” tutur Amin.

Ahli Patologi Klinik Universitas Sebelas Maret Tonang Dwi Ardyanto menerangkan bermutasinya virus didorong oleh selection pressure, semacam cara virus menghindar dari tekanan. Wujud tekanan itu bisa karena terapi obat-obatan, cara pencegahan (protokol kesehatan), sampai vaksinasi. 

Untuk obat-obatan, kata dia, sejauh ini belum ada yang spesifik dan definitif. Namun, untuk protokol kesehatan, masyarakat juga sudah tahu dan telah dijalankannya, yaitu 5 M. 

"Semakin lengkap paket protokol kesehatannya, makin kecil peluang virus bisa masuk ke tubuh,” kata Tonang, Senin 14 Juni 2021.

Virus yang lolos akan menghadapi sistem imun tubuh. Ini adalah benteng pertahanan alami tubuh. “Artinya menjaga imun tubuh juga penting,” tambahnya.

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrian Syam menekankan Covid-19 varian Delta lebih mudah dan cepat menginfeksi daripada varian lain. Varian ini meningkatkan risiko terjadinya hilang pendengaran, nyeri ulu hati, dan mual. 

Jika seseorang yang terinfeksi Covid-19 varian Delta bersin atau berbicara, virus akan lebih cepat berpindah ke orang lain. “Jadi tetap jalankan protokol kesehatan ketat,” tutur Ari yang juga Dekan FKUI itu, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper