Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Terakhir Jalur Mandiri UGM, Bagaimana Pendaftaran Universitas lain dan Biayanya?

Pendaftaran jalur seleksi mandiri calon mahasiswa baru di sejumlah universitas bakal segera berakhir dalam sepekan hingga dua pekan mendatang. Universitas mana saja yang sudah menutup pendaftaran dan masih membuka serta bera biayanya. Simak detilnya.
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com 12 Juni 2021  |  15:08 WIB
Hari Terakhir Jalur Mandiri UGM, Bagaimana Pendaftaran Universitas lain dan Biayanya?
Peserta mengikuti SBMPTN-UTBK di Universitas Negeri Padang, Senin. - Antara/Mutiara Ramadhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pendaftaran seleksi mandiri masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) jalur mandiri atau Computer Based Test Ujian Masuk UGM (CBT-UM UGM) bakal berakhir hari ini, Sabtu (12/6/021) setelah dibuka selama 11 hari sejak 2 Juni 2021.

Berdasarkan laman https://um.ugm.ac.id/jadwal-seleksi-sarjana-terapan-dan-sarjana/ pelaksanaan CBT-UM UGM bakal dilaksanakan di dua tempat, yaitu Yogyakarta pada 19-29 Juni 2021 dan Jakarta pada 22-29 Juni 2021. Adapun, pengumuman seleksi akan disampaikan pada Selasa (6/7/2021).

UGM menyampaikan bahwa jalur seleksi ini menggunakan kombinasi nilai/skor CBT-UM UGM Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor ujian tulis berbasis komputer atau UTBK-SBMPTN Tahun 2021.

Selain itu, jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk mengikuti seleksi dengan memilih dua program studi pada Program Sarjana (S1) dan/atau Program Sarjana Terapan (D4). Oh iya, jangan lupa urutan pilihan menunjukkan prioritas ya.

Adapun, kelompok ujian terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pertama Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), kedua Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan ketiga Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Sementara itu, setiap calon mahasiswa hanya dapat mengikuti salah satu kelompok ujian, yaitu Saintek atau Soshum atau Campuran.

Lalu bagaimana dengan biayanya? Biaya pendaftaran kelompok ujian Saintek sebesar Rp325 ribu, Soshum Rp325 ribu, dan Campuran Rp350 ribu.

Oh ya, sebagai catatan, khusus peserta yang memilih lokasi ujian di Jakarta, terdapat biaya tambahan sebesar Rp225 ribu yang harus dibayarkanbersamaan dengan pembayaran biaya pendaftaran.

Lalu bagaimana dengan universitas-universitas top negeri lainnya yang menjadi pilhan teman-teman semua? Apakah semua juga berakhir hari ini? Apakah teman-teman masih bingung menentukan jurusan dan universitas yang hendak dipilih?

Menimbang-nimbang dan meyakini pilihan tentu saja baik agar tidak sesal di kemudian hari, tetapi ada baiknya tidak terlalu lama agar jangan sampai terlewat batas pendaftaran.

Mohon maaf ya, untuk seleksi mandiri Universitas Indonesia atau lebih dikenal dengan SIMAK UI, pendaftarannya sudah ditutup sejak Rabu (9/6/2021), sedangkan Universitas Padjajaran (Unpad) juga sudah ditutup sejak 3 Juni 2021.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Nah, bagi teman-teman yang tidak ingin kuliah jauh dari Jakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat dijadikan pilihan. Apalagi, pendaftaran seleksi mandiri IPB masih dibuka hingga Rabu (16/6/2021). Masih ada waktu lho.

Laman https://admisi.ipb.ac.id/ujian-tulis-mandiri-berbasis-komputer-ipb/ menyebut Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) IPB akan dilaksanakan pada 27 Juni 2021 dan diumumkan pada 5 Juli 2021.

Adapun, biaya pendaftaran sebesar Rp500 ribu untuk ujian online dan Rp300 ribu untuk skor UTBK Saintek.

Persyaratan untuk mengikuti UTM-BK IPB, diantaranya yaitu peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021, peserta UTM-BK harus memilih satu atau dua program studi yang ditawarkan.

Peserta diperkenankan memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB, di mana apabila peserta tidak diterima di pilihan 1 dan pilihan 2, maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Bagi teman-teman yang menjatuhkan pilihan di Kota Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB) dapat dijadikan pilihan, apalagi pendaftaran jalur mandiri baru ditutup pada Minggu (20/6/2021) pukul 17.00 WIB alias masih ada waktu lebih dari sepekan. Meski demikian perhatikan jam penutupan pendaftaran agar jangan sampai terlewat ya.

Berdasarkan laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri  tes ketrampilan seni rupa yang diselenggarakan secara daring dilaksanakan pada 23 Juni 2021 dan pengumuman hasil seleksi pada 29 Juni 2021.

Adapun biaya Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) bagi peminat program studi yang tidak berada di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) sebesar Rp200 ribu  dan non-FSRD Rp300 ribu.

Sementara itu, persyaratan untuk mengikuti SM-ITB, a.l. berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS, serta lulusan Paket C jurusan IPA/IPS, dengan tahun ijazah 2019, 2020, atau 2021, memiliki data prestasi akademik (nilai rapor) dan mengunggah nilai Rapor semester 1 s.d. semester 6, dan tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2021.

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Bagi teman-teman yang sering naik gunung dan jatuh cinta dengan Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah, rasanya Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bisa dijadikan pilihan tepat.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri Unsoed ada dua, yaitu SPMB Mandiri UTBK yang pendaftarannya ditutup pada 18 Juni 2021 dan SPMB Mandiri Non UTBK yang pendaftarannya ditutup pada 2 Juli 2021.

Dalam laman https://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/ dijelaskan bahwa SPMB Mandiri UTBK merupakan pola penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK Tahun 2021, nilai rapor, dan prestasi siswa. SPMB Mandiri UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) dan Program Diploma.

Sementara itu, SPMB Mandiri Non UTBK adalah pola penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan melalui nilai rapor dan prestasi siswa. SPMB Mandiri Non UTBK diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Program Diploma.

Baik SPMB UTBK maupun Non UTBK, Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 4 program studi, yakni 2 program studi sarjana (kelas reguler dan/atau kelas internasional) dan 2 program studi diploma.

Peserta diperbolehkan mengikuti 2 jalur seleksi (SPMB mandiri UTBK maupun SPMB Mandiri non UTBK) dengan melakukan pendaftaran pada masing-masing jalur seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun, biaya bagi SPMB Mandiri Non UTBK untuk Saintek/Soshum Rp300 ribu dan Campuran Rp350 ribu.

Universitas Diponegoro (Undip)

Selanjutnya, Universitas Diponegoro (Undip) membuka pendaftaran hingga 17 Juni pukul 12.00 WIB sehingga teman-teman masih memiliki waktu 5 hari untuk memantapkan pilihan.

Berdasarkan laman https://pmb.undip.ac.id/128-2/ ujian online akan diselenggarakan pada 21 Juni 2021 hingga 2 Juli dan diumumkan pada 7 Juli 2021. Biaya pendaftaran baik untuk pilihan kelompok saintek maupun soshum sebesar Rp300 ribu.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Adapun, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) memiliki jalur Seleksi Mandiri Jalur Ujian, baik Ujian Tulis (SMJU-UTUL UNS) maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (SMJU-UTBK UNS) yang pendaftarannya berakhir pada 17 Juni 2021.

Laman https://spmb.uns.ac.id/ mencatat biaya pendaftaran SMJU-UTUL UNS sebesar Rp350 ribu dengan pelaksanaan ujian pada 24, 26, dan 27 Juni 2021, sedangkan biaya SMJU-UTBK UNS sebesar Rp200 ribu. Hasil seleksi keduanya akan diumumkan pada 39 Juni 2021.

Di UNS ada juga Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS-SMJKM) yang pendaftarannya ditutup pada 22 Juni dan diumumkan pada 28 Juni 2021.

Universitas Brawijaya (Unibraw)

Berikutnya ada Universitas Brawijaya (Unibraw) yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Universitas di Kota Apel ini menawarkan seleksi mandiri dalam dua gelombang.

Pembayaran biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) gelombang pertama ditutup pada 15 Juni 2021 pukul 23.59 WIB dengan hasil pengumuman hasil seleksi pada 23 Juni 2021, sedangkan gelombang kedua, pembayaran biaya pendaftaran dimulai 17 Juni 2021 hingga 12 Juli 2021 dengan pengumuman hasil seleksi pada 17 Juli 2021.

Laman https://selma.ub.ac.id/pengumuman-seleksi-mandiri-ub-tahun-2021/ mencatat biaya pendaftaran seleksi mandiri sebesar Rp350.000 untuk semua gelombang.

Universitas Airlangga (Unair)

Selanjutnya, Universitas Airlangga (Unair) menetapkan pendaftaran online (pra-pendaftaran) seleksi program sarjana jalur mandiri ditutup pada 20 Juni 2021 dengan jadwal ujian tulis mulai 26 Juni 2021 dan pengumaman hasil seleksi pada 3 Juli 2021.

Adapun, sesuai informasi di laman http://www.ppmb.unair.ac.id/  biaya pendaftaran dipatok Rp300 ribu untuk kelompok saintek/soshum dan Rp500 ribu untuk kelompok campuran.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Untuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), seleksi mandiri diberi nama Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui SKMP adalah Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan meningkatkan kerja sama dan pemerataan kesempatan

Dalam pelaksanaannya, Program SKMP-ITS terbagi menjadi 3 (tiga) jalur yaitu Seleksi Kemitraan, Seleksi Mandiri dan Seleksi Prestasi.

Laman https://smits.its.ac.id/sarjana/ mencatat pendaftaran SKMP berahir pada 17 Juni dengan pengumuman hasil seleksi pada 29 Juni 2021.

Adapun, biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu atau Rp1 juta bagi pendaftar yang memilih program diploma kelas intwrnasional atau joint degree.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Gajah Kusumo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top