Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Fakta BTS Meal: Kerumunan Ojol hingga McDonalds Didenda Rp50 Juta

Hari pertama peluncuran BTS Meal sukses membuat heboh lantaran menimbulkan antrian ojol, beberapa gerai ditutup Satpol PP, bahkan McDonalds terpaksa harus membayar denda Rp50 juta.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  10:46 WIB
Pengemudi ojek daring memadati gerai McDonald's Raden Saleh di Jakarta, Rabu (9/6/2021). - Antara
Pengemudi ojek daring memadati gerai McDonald's Raden Saleh di Jakarta, Rabu (9/6/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - BTS Meal, menu kolaborasi antara idol group BTS dengan McDonals yang dirilis kemarin, sukses membuat kehebohan di kota-kota besar di Indonesia. Imbasnya muncul antrian ojek online (ojol), beberapa gerai ditutup Satpol PP, bahkan McDonalds terpaksa harus membayar denda Rp50 juta.

Peluncuran BTS Meal ternyata disambut meriah oleh para ARMY, fans BTS. Imbasnya, pesanan ojek online (ojol) di gerai-gerai McDonalds pun membeludak. Kerumunan ojol tidak bisa dihindari, padahal Indonesia masih menjalani situasi pandemi Covid-19.

Isi paket makanan yang ditawarkan terdiri dari 9 potong Chicken McNuggets, Medium Fries, Medium Coca Cola, Saus Sweet Chili dan Saus Cajun dengan harga mencapai Rp45.455 per paket. Untuk mendapatkan sepaket BTS Meal, pembeli hanya dapat memesan melalui drive thru dengan menggunakan kendaraan atau memesan lewat aplikasi pemesanan online.

Hari pertama peluncuran BTS Meal sukses membuat heboh lantaran menimbulkan antrian ojol, beberapa gerai ditutup Satpol PP, bahkan McDonalds terpaksa harus membayar denda Rp50 juta.

Berikut 5 fakta tentang peluncuran BTS Meal yang menimbulkan kehebohan seperti dirangkum Bisnis.com:

bts meal, mcdonalds, bts, mcd, paket bts meal

1. Kerumunan Ojol
BTS Meal hanya bisa dipesan melalui drive thru dan melalui pemesanan online atau aplikasi ojek online (ojol). hal ini membuat para ojol harus rela mengantre lebih dari 3 jam. Antrean ini menimbulkan kerumumanan hingga mendapat penertiban dari Satpol PP.

Tidak hanya Satpol PP, pihak TNI-Polri pun ikut turun tangan untuk mengatasi kerumunan ini. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengemukakan pihaknya telah menggandeng TNI dan pemerintah daerah setempat serta Satgas Covid-19 untuk mengantisipasi kerumunan yang terjadi di sejumlah gerai McDonalds.

2. Gerai Ditutup
Buntut keramaian akibat pemesanan BTS Meal, Satpol PP DKI Jakarta menutup sejumlah gerai McDonalds Indonesia. Ada 20 gerai yang tak diizinkan beroperasi untuk sementara waktu.

Penutupan gerai McD dilakukan merata di lima kota Jakarta. Selain penutupan, beberapa gerai hanya mendapatkan teguran tertulis. Pemerintah DKI mencatat 19 gerai ditutup selama 1x24 jam, 1 gerai ditutup 3x24 jam, dan 12 gerai teguran tertulis. Lalu, dua gerai tidak diberikan sanksi.

3. Denda Rp50 Juta 
Tidak hanya ditutup, beberapa gerai McDonalds Indonesia turut dikenakan denda administratif akibat kerumunan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyiapkan besaran denda administratif yang sesuai dengan peraturan daerah dalam masa pandemi Covid-19, yakni Rp50 juta. Riza tidak menjelaskan apakah denda tersebut per gerai atau satu kesatuan

"Dendanya seperti biasa Rp50 juta," kata Riza, dikutip Kamis (10/6/2021).

4. Bungkus Harga Fantastis
Bungkus bekas BTS Meal laku terjual dengan harga fantastis. Ada seller yang mematok harga Rp599.000. Hanya tersebut dijual untuk 3 paket bungkus BTS Meal.

Di beberapa e-commerce juga terpantau ada penjual yang seharga Rp500.000 yang terdiri dari 1 paper McD BTS beserta cup, tempat chicken nugget, dan kantung kertas. Bahkan, ada juga penjual yang menawarkan paper cup BTS Meal seharga Rp300.000 per buah.

5. ARMY Galang Donasi
Akibat antrian yang menumpuk, ARMY melakukan penggalangan dana kepada ojol yang telah rela antri BTS Meal. Penggalangan dana dilakukan melalui situs Kitabisa.com dengan campaign “ARMY Bantu Ojol”

Sekiranya ada 6 kegiatan atau pihak penyelenggara yang membuka donasi. Hingga pagi ini, Kamis (10/6/2021), dana yang telah terkumpul sebesar Rp290 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bts McDonalds Ojek Online Ojek Online
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top