Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sewindu Kematian Taufik Kiemas, Ini Testimoni PDIP - Muhammadiyah

Puan mengingat sosok Taufiq Kiemas sebagai ‘perajut silaturahmi kebangsaan'.
Taufiq Kiemas/Antara
Taufiq Kiemas/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani memperingati acara sewindu wafatnya Ketua MPR RI periode 2009-2013, Taufiq Kiemas, Selasa (8/6/2021). 

Puan mengingat sosok Taufiq sebagai  perajut silaturahmi kebangsaan. Menurutnya keluarga besarnya merasakan kehilangan mendalam ketika Taufiq Kiemas berpulang menghadap sang pencipta delapan tahun lalu. 

“Sebuah kehilangan bukan hanya beliau sebagai seorang suami bagi Ibu Megawati, dan ayah bagi kami. Tetapi juga kami merasa kehilangan seorang guru, mentor, dan panutan politik dalam perjuangan serta pembimbing kami dalam kehidupan,” tutur Puan dalam siaran resminya, Selasa (8/6/2021).

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) itu mengungkapkan, gemblengan Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri yang membentuk karakter politiknya saat ini. 

“Semuanya adalah berkat penggemblengan tangan dingin kedua orang tua saya,” kata Puan.

Gemblengan itu, kata Puan, sudah dia dapat saat mendampingi Megawati berjuang di era Orde Baru, dan kemudian dirinya menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan, lalu terpilih menjadi anggota dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta kini menjadi perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI.

 

“Kaderisasi dan penggemblengan yang saya alami dan rasakan sejak zaman ketika ikut Ibu saya ‘bergerilya’ saat dikuyo-kuyo zaman Orde Baru,” ungkap Puan.

 

Acara mengenang sewindu wafatnya Taufik Kiemas dilaksanakan dari Masjid At Taufiq dan diawali salat maghrib berjemaah, serta diikuti secara virtual oleh Megawati Soekarnoputri dan keluarga besarnya, serta masyarakat luas. 

Masjid At Taufiq merupakan masjid keluarga almarhum Taufiq Kiemas dan Megawati Soekarnoputri, yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa penggagas Empat Pilar MPR RI tersebut. 

“Peringatan ini kami laksanakan sebagai pengingat kami untuk terus berjuang melanjutkan semangat dan cita-cita serta api perjuangan almarhum Pak Taufiq Kiemas,” ujar Puan.

Pada acara itu, Ketua PBNU Said Aqil Siraj  menyampaikan testimoninya, bahwa Taufiq Kiemas adalah seorang figur negarawan yang sangat nasionalis, relijius, dan memegang teguh nilai-nilai kebinekaan.

“Banyak hikmah yang saya ambil dari Pak Taufiq Kiemas, yang saya ambil pelajaran ketika mendampingi Bu Mega melewati masa-masa sulit, sabar dan tawakal,” ucap Said.

“Beliau nasionalis 100 persen, relijius. Seorang juru damai. Saat saya mendampingi beliau naik haji, bacaan Al Qur’an-nya sangat fasih,” sambung Said.

Selain itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir juga menyampaikan testimoni bahwa Taufik Kiemas merupakan figur yang menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Haedar menilai Taufiq sebagai figur yang ramah, pergaulan lintas batas, peduli dan empati pada kaum muda.

“Bagi Muhammadiyah, beliau selalu bersama kami merajut hubungan personal dan kebangsaan,” ungkap Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : Siaran pers
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper