Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surya Paloh Ajak Ridwan Kamil Ikut Konvensi Capres 2024 NasDem

NasDem sudah memutuskan bahwa penetapan calon presiden 2024 dari partai akan digelar lewat jalur konvensi.
Surya Paloh /BISNIS
Surya Paloh /BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengajak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengikuti konvensi calon presiden 2024.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan bahwa Surya Paloh telah bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain itu, Rdwan Kamil sebelumnya juga menyampaikan hal tersebut di sela-sela kunjungannya di Palembang, Sumatera Selatan, pada Kamis, 3 Juni lalu.

Namun, Emil, sapaan Ridwan Kamil, maupun Ali tak merinci kapan pertemuan itu terjadi. Menurut Ali, Surya Paloh sudah beberapa kali bertemu dengan mantan Wali Kota Bandung itu.

Ahmad Ali pun mengakui ketua umumnya membahas ihwal rencana konvensi Partai NasDem dalam pertemuan dengan Emil.

"Menyampaikan bahwa kami akan melaksanakan konvensi, mengajak untuk mengikuti konvensi, ya hal standar," kata Ali ketika dihubungi, Minggu (6/6/2021).

Ali mengatakan, NasDem sudah memutuskan bahwa penetapan calon presiden dari partai akan digelar lewat jalur konvensi. Oleh karena itu, kata dia, Surya Paloh tak membicarakan dukung-mendukung dengan orang per orang.

"Kalau pertemuan dengan tokoh politik, tokoh daerah, tidak dalam kontestasi dukung-mendukung pilpres, karena sudah ditetapkan akan lewat konvensi," ujarnya.

Partai NasDem memang berencana untuk menggelar konvensi calon presiden. Gelaran ini rencananya digelar bekerja sama dengan partai lain untuk memenuhi syarat minimal ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, sejumlah petinggi NasDem mengatakan mereka tengah menjajaki komunikasi dengan partai-partai politik untuk menggelar konvensi bersama ini.

Selain Ridwan Kami, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga digadang-gadang mengikuti konvensi.

Adapun, selain dengan Surya Paloh, Ridwan Kamil juga telah bertemu Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu.

Pada Jumat-Sabtu, 4-5 Juni 2021, dia bergantian bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper