Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simbol Regenerasi PDIP dari Megawati? Pengamat: Ketua Umum Prananda, Capres Puan Maharani

Sebagai partai pemenang Pemilu 2014 dan 2019, langkah politik PDI Perjuangan menjadi perhatian publik jelang pesta demokrasi 2024 mendatang.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  21:27 WIB
Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri (tengah) didampingi Prananda Prabowo (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menandatangani prasasti Bung Karno Berkuda di halaman Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6/2021). - Twitter Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono @saktitrenggono
Mantan Presiden Megawati Soekarno Putri (tengah) didampingi Prananda Prabowo (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menandatangani prasasti Bung Karno Berkuda di halaman Kementerian Pertahanan, Minggu (6/6/2021). - Twitter Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono @saktitrenggono

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menampilkan putranya Prananda Prabowo dalam peresmian patung Bung Karno di halaman Kementerian Pertahanan dinilai menyampaikan simbol politik regenerasi. 

Dalam prosesi peresmian patung Bung Karno berkuda yang bertepatan dengan ulang tahun presiden pertama Indonesia itu, Prananda Prabowo terlihat selalu mendampingi Megawati.  

"[Hanya didampingi Prananda merupakan] satu dari banyak sekali tanda-tanda Bu Mega mempersiapkan Puan Maharani lebih konsentrasi di luar partai politik, di jabatan publik," ulas pengamat politik Hendri Satrio. 

Dosen di Universitas Paramadina itu menyebutkan, Prananda yang juga putra kedua Megawati telah menjalankan jantung PDI Perjuangan sebagai kepala situation room. 

"Nanan [panggilan Prananda] selama ini ada di jantungnya PDIP, sebagai kepala situation room, memang dipersiapkan sebagai penerus megawati di dalam partai," kata Hendri, Minggu (6/6/2021). 

Penegasan Puan di luar PDIP itu, kata dia, dengan tur jabatan yang dilakukan Puan. Putri bungsu Megawati itu telah menjabat eksekutif sebagai Menteri Koordinator hingga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat 2019-2024. 

Pembicaraan calon presiden kembali mengemuka setelah sejumlah lembaga survei merilis temuannya di lapangan. PDI Perjuangan dinilai sebagai salah satu partai terkuat karena telah dua kali memenangi Pemilu secara berurutan. 

Sementara calon presiden paling tinggi dikenal publik saat ini dipegang oleh Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. 

Akrabnya Megawati dan Prabowo dalam beberapa waktu terakhir memantik spekulasi koalisi keduanya menjelang dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada 2022 mendatang. 

Bu mega mempersilahkan Puan jadi legislatif di eksekutif. Sementara nanan di grooming di Partai. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati pemilu pdi perjuangan prabowo subianto Prananda_Muhammad Prananda Prabowo
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top