Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Haji 2021 Batal, Fadli Zon: Pendekatan ke Saudi Harus Khusus

Pemerintah Indonesia dinilai perlu melakukan pendekatan khusus kepada Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  13:31 WIB
Haji 2021 Batal, Fadli Zon: Pendekatan ke Saudi Harus Khusus
Fadli Zon - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon meminta Pemerintah Indonesia melakukan pendekatan khusus kepada Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Fadli Zon mendorong pemerintah agar melakukan lobi langsung kepada Raja Salman untuk mendapatkan kuota haji di tengah pembatasan yang dilakukan Kerajaan Arab Saudi, dalam beberapa cuitannya di media sosial.

“Sejak zaman Hindia Belanda, kayaknya baru sekarang kita tak berangkatkan haji. Pendekatan dengan Saudi harus khusus, jangan arogan dan harus orang tepat yang bisa bahasa Arab dan bersahabat,” tulis Fadli Zon dalam akun Twitter-nya pada Jumat (4/6/2021).

Dalam tweet sebelumnya, politikus partai Gerindra ini mempertanyakan hubungan antara RI - Saudi. Menurutnya, jika hubungan kedua negara baik, pihak Kerajaan Arab Saudi memberikan kuota proporsional bagi Indonesia, negara dengan jumlah jemaah haji tertinggi. Dia juga membandingkan dengan negara tetangga yang justru mendapatkan kuota tambahan.

“Kalau hub RI-Saudi Arabia sangatlah baik, harusnya tetap ada kuota proporsional calon jamaah kita. Mungkin Presiden bisa telepon Raja Salman. Tapi kalau Menagnya aja buat pernyataan “heran”, artinya ada masalah komunikasi dan masalah lain yang serius. Apalagi Malaysia dapat tambahan kuota,” tulisnya.

Sebelumnya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan bahwa pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M pada Kamis (3/6/2021).

Menurut Menag, di tengah pandemi Covid-19 dan kemunculan varian baru yang tersebar di berbagai negara, kesehatan dan keselamatan jiwa jemaah harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jemaah, pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jemaah haji Indonesia,” kata Menag dalam konferensi pers di Jakarta pada Kamis (3/6/2021).

Menag juga mengungkapkan bahwa Arab Saudi sampai hari ini belum juga mengundang Pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji kuota Fadli Zon Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top