Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Lantik Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wagub Edy Pratowo

Pasangan kepala daerah ini merupakan pemenang Pilkada Serentak 2020 dengan perolehan 535.333 suara atau mengungguli lawannya Ben Brahim S Bahat- Ujang Iskandar.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  11:26 WIB
Pasangan kepala daerah, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo di Istana Negara Jakarta, Selasa (25/5 - 2021).
Pasangan kepala daerah, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo di Istana Negara Jakarta, Selasa (25/5 - 2021).

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo di Istana Negara Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Adapun pasangan kepala daerah ini merupakan pemenang Pilkada Serentak 2020 dengan perolehan 535.333 suara atau mengungguli lawannya Ben Brahim S Bahat- Ujang Iskandar yang memperoleh 503.354 suara.

Dalam seremoni tersebut, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwati membacakan Keputusan Presiden RI No.76B/2021 tentang Pengesahan, Pemberhentian dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

“Kedua mengesahkan pengangkatan dalam jabatan terhitung sejak saat pelantikan masing-masing satu, H. Sugianto Sabran sebagai Gubernur Kalimantan Tengah masa jabatan tahun 2021-2024. Dua, H. Edy Pratowo sebagi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah masa jabatan 2021-2024,” ujarnya dalam agenda yang disiarkan langsung via YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/5/2021).

Kemudian, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengambil sumpah jabatan paslon terpilih.

“Sebelum saudara-saudara mengucap sumpah jabatan berkenaan dengan pengesahan pengangkatan saudara-saudara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah masa jabatan tahun 2021-2024, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersediakah saudara-saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?” ujar Jokowi.

“Bersedia,” sahut kedua kepala daerah tersebut.

“Apabila demikin harap mengikuti dan mengulangi kataa-kata Saya. Demi Allah Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi kemudian dan diikuti oleh para kepala daerah terpilih.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kalteng kalimantan tengah
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top