Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPP: Ada Harapan Partai-partai Islam Bersatu Bentuk Poros Koalisi

PPP minta istilah poros Islam tak dikonotasikan dengan politik identitas yang primordial.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  06:50 WIB
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dalam acara silaturahmi kebangsaan di di Gedung MD Building DPP PKS, Rabu (14/4 - 2021) / Dok. PKS
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa dalam acara silaturahmi kebangsaan di di Gedung MD Building DPP PKS, Rabu (14/4 - 2021) / Dok. PKS

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP ) Dony Ahmad Munir menyebut ada harapan partai-partai Islam bersatu dan membentuk poros koalisi.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, PPP mencoba menginisiasi terbentuknya koalisi poros Islam.

"Memang ada harapan umat Islam menginginkan partai-partai Islam bersatu. Harapan ini tentunya harus kami sambut dengan mengikhtiarkan, berkomunikasi, berkoordinasi dengan partai-partai Islam yang ada," kata Dony dalam acara rilis survei Puspoll Indonesia, Minggu (23/5/2021).

Wacana koalisi poros Islam ini mencuat seusai pertemuan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan jajarannya dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu pada 14 April lalu.

Menurut Dony, pertemuan itu menghasilkan beberapa kesepakatan, termasuk kerja sama di parlemen dan kerja sama Pilpres 2024.

Meskipun demikian, dia mengaku kaget dengan hasil survei Puspoll Indonesia yang menemukan hanya 14,8 persen responden mengetahui ihwal adanya gagasan koalisi poros Islam.

Dari 14,8 persen itu, 46 persen mengaku yakin koalisi tersebut bisa terwujud, sedangkan 43 persen mengaku tidak yakin.

Masih dari hasil survei Puspoll Indonesia, PPP juga kalah dari Gerindra dalam kategori partai yang dianggap memperjuangkan umat Islam. Partai Kebangkitan Bangsa bertengger di posisi pertama dengan 17,6 persen, disusul PKS 15,8 persen, Gerindra 8,9 persen, dan PPP 7,4 persen.

Menurut Dony, PPP akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan partai-partai Islam lainnya untuk memenuhi aspirasi adanya koalisi poros Islam tersebut.

Dia juga meminta istilah poros Islam tak dikonotasikan dengan politik identitas yang primordial, melainkan tetap dalam format politik kebangsaan dan NKRI.

"Tentunya kami ingin berbuat yang lebih baik lagi, ini tantangan-tantangan kami untuk menjadikan harapan umat poros partai Islam ini bisa bersatu," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai politik ppp partai islam koalisi partai

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top