Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

1,5 Juta Orang Mudik, Jokowi Was-Was Kasus Aktif Covid-19 Melonjak

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa per 16 Mei 2021 jumlah kasus aktif nasional adalah 90.800 kasus.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  18:00 WIB
1,5 Juta Orang Mudik, Jokowi Was-Was Kasus Aktif Covid-19 Melonjak
Presiden Joko Widodo - BPMI Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk mewaspadai dan mengantisipasi potensi lonjakan kasus positif dan kasus aktif Covid-19 pasca-Idulfitri 1442 Hijriah.

Menurutnya, sekitar 1,5 juta orang yang tetap memaksa mudik Lebaran pada periode 6-17 Mei 2021 adalah angka yang sangat besar dan sangat berpotensi meningkatkan angka kasus positif dan aktif Covid-19.

“Oleh sebab itu, kita berharap, meskipun saya melihat kemarin di tempat wisata juga ramai, dari 1,5 juta orang [yang mudik] kasus aktifnya kita tidak ingin sebesar tahun yang lalu,” ujarnya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Prediden, Selasa (18/5/2021).

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa per 16 Mei 2021 jumlah kasus aktif nasional adalah 90.800 kasus.

Angka ini jauh menurun jika dibandingkan dengan periode puncak yang jatuh pada 5 Februari 2021 yang mencapai lebih dari 176.000 kasus aktif.

Kepala Negara ingin agar penurunan kasus aktif yang mencapai 48 persen tersebut tetap dijaga dan bahkan terus menurun.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa terdapat 33 persen masyarakat yang menyatakan akan mudik ke kampung halaman pada libur Idulfitri tahun ini. Namun, setelah ada larangan mudik, jumlah tersebut turun menjadi 11 persen.

Lalu, setelah ada sosialisasi terkait larangan mudik kembali turun menjadi 7 persen dan saat pelaksanaan penyekatan turun menjadi 1,1 persen.

“Memang 1,1 persen kelihatannya kecil sekali, tapi kalau dijumlah ternyata masih gede sekali lebih dari 1,4 juta orang atau 1,5 juta orang yang masih mudik,” kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Covid-19 Larangan Mudik Lebaran
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top