Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Sunah Rasulullah yang Wajib Dilakukan Saat Lebaran

Ada beberapa ketentuan Sunnah rasulullah yang harus diperhatikan oleh masyarakat saat Idulfitri.
Umat muslim melaksanakan salat Idulfitri 1440 H, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (5/6/2019)./Reuters-Willy Kurniawan
Umat muslim melaksanakan salat Idulfitri 1440 H, di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (5/6/2019)./Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa jam lagi bulan Ramadan akan berakhir, yang dimana umat islam akan merayakan hari kemenangannya setelah satu bulan berpuasa dibulan yang suci ini.

Pada hari terakhir bulan Ramadan ini, biasanya masyarakat disibukkan dengan merapi rapikan rumah mereka, menghias halaman depan hingga bersih dan rapi, serta membuat santapan yang lezat untuk esok hari merayakan hari kemenangan.

Namun, ada beberapa hal yang terkait adab pada saat lebaran dan ibadah sunnahnya harus dijalankan dan tetap diutamakan.

Dilansir dari akun Instagram Hijup @hijup ada beberapa ketentuan Sunnah rasulullah yang harus diperhatikan oleh masyarakat ketika sedang berada dalam suasana Idulfitri.

“Ikutilah hal-hal berikut yang biasa dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat. InsyaAllah, Idulfitri kita tidak hanya menjadi perayaan duniawi semata. Namun, akan bernilai ibadah dan menjadi pembuka berkah untuk memulai bulan Syawal dan menjalaninya. Aamiin.” Dikutip dari akun @hijup.

Berikut 5 Sunnah Rasulullah di Idulfitri:

1. Mandi sebelum berangkat salat ied

Membersihkan badan adalah hal yang harus dilakukan bukan hanya ketika shalat eid saja, tetapi juga dalam beberapa hal membersihkan badan atau mandi merupakan cara untuk menyucikan badan kita. Mandi sebelum salat eid adalah salah satu bentuk agar kita suci ketika melaksanakan shalat ied.

2. Berdandan dan memakai pakaian  terbaik

Dihari kemenangan ini, berpenampilan baik dan memakai pakaian terbaik merupakan salah satu cara dalam merayakan hari kemenangan itu sendiri. Tidak harus baju baru, yang penting pakaian tersebut terbaik bagi diri anda sendiri.

3. Makan sebelum salat ied

Makan disini hanya sekedar memakan buah kurma saja bukan makan besar, selain itu dengan makan sebelum shalat ied untuk mengingatkan kita untuk tidak berpuasa di tanggal 1 Syawal.

"Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fitri hingga beliau memakan beberapa kurma," (HR. Bukhari).

4. Bertakbir dari rumah menuju tempat salat

Hal ini dilakukan sebagai cara untuk merayakan datangnya hari kemenangan atau Idulfitri

5. Melawati jalan pulang dan berangkat yang berbeda.

Melawati jalan berbeda ketika berangkat dan pulang ketika shalat ied merupakan salah satu Sunnah Rasulullah. Tujuannya Rasulullah melakukan itu karena, melihat wajah Rasulullah merupakan kebahagiaan tersendiri dan rahmat. Karenanya, ia melewati jalan yang berbeda agar semuanya mendapat rahmat. Pandangan lain mengatakan, setiap tanah di muka bumi ini senang diinjak Rasulullah. Supaya tidak cemburu satu sama lainnya, ia melewati jalan yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper