Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan dan Petir di Sejumlah Wilayah Indonesia

Sirkulasi siklonik membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat Sumatra Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatra Barat dan di Papua Barat.
Ilustrasi/Jibi
Ilustrasi/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia terkait potensi hujan disertai petir dan angin kencang.

Hal itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam peringatan dini terkait cuaca pada hari Minggu (2/5/2021).

BMKG menyebutkan provinsi yang berpotenssi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yakni Aceh, Banten, Bengkulu, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Begitu pula di Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

BMKG menyampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Aceh bagian utara dan perairan Utara Papua Barat - Papua.

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat Sumatra Utara hingga Aceh, dari Bengkulu hingga Sumatra Barat dan di Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatra Utara hingga Pesisir Barat Aceh, di Selat Malaka bagian Utara, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan utara hingga Selat Karimata, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara, Selat Makassar bag Tengah hingga Kalimantan Tengah bagian Selatan dan di Maluku.

Sementara daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Sulawesi dan di perairan Utara Papua Barat.

Menurut BMKG kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper