Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Diisukan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Siapa Saja Yang Dilantik?

Pemilihan hari Rabu sebagai hari keramat untuk mengganti atau merotasi kabinet Jokowi ini bukan pertama kali terjadi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 April 2021  |  08:09 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara virtual di Istana Negara, Kamis 8 April 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara virtual di Istana Negara, Kamis 8 April 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali diisukan akan melakukan reshuffle kabinet terbatas pada hari Rabu Wage. 

Pemilihan hari Rabu sebagai hari keramat untuk mengganti atau merotasi kabinet Jokowi ini bukan pertama kali terjadi.

Dilansir dari Tempo, reshuffle kabinet terbatas hari ini rencananya terkait pengangkatan Menteri Investasi dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hal itu dilakukan menyusul peleburan dan pembentukan kementerian/badan. Tidak ada pos lain yang turut dirombak.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadilia disebut akan menjadi Menteri Investasi. Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim bakal dilantik sebagai Mendikbud-Ristek.

Adapun calon Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang disebut adalah Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko.

Presiden Jokowi memang kerap kali mengumumkan reshuffle dan kebijakan penting di hari weton-nya itu. Berikut beberapa momen reshuffle kabinet Jokowi pada hari Rabu;

- Pada periode pertama pemerintahannya, Jokowi  melakukan reshuffle pada Rabu Pon, 12 Agustus 2015 untuk kali pertama. Saat itu, Jokowi mengganti enam posisi menteri.

Tiga di antaranya menteri koordinator, yakni Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum (Menko Polhukam), Rizal Ramli ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Darmin Nasution menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

- Hampir setahun berselang, Jokowi kembali merombak jajaran kabinet. Reshuffle Jilid II juga dilakukan pada Rabu Pon yang jatuh pada 27 Juli 2016. Saat itu, Jokowi merombak besar-besaran susunan kabinetnya. Setidaknya, Jokowi merombak 13 posisi menteri. 

Di antaranya, Jokowi memulangkan Sri Mulyani yang sedang menjabat sebagai Direktur Bank Dunia untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Selain itu, Jokowi juga mendepak Anies Baswedan dari posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan menunjuk Muhadjir Effendi.

-Selanjutnya, Jokowi melakukan reshuffle ketiga pada Rabu Pahing, 17 Januari 2018. Saat itu, Khofifah Indar Parawansa mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial karena maju dalam Pilkada Jawa Timur. 

Jokowi kemudian menunjuk Idrus Marham menggantikan posisi Khofifah. Ia juga menunjuk Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

- Pada periode kedua pemerintahannya, Jokowi mengumumkan susunan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 pada Rabu Legi, 23 November 2019.

- Selanjutnya, ia melakukan reshuffle pertama dan melantik enam menteri serta lima wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Desember 2020.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet

Sumber : Tempo

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top