Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Fakta: Alat Tes Antigen Bisa Positif Covid-19 saat Ditetesi Air Keran

Beredar video di Facebook yang memperlihatkan seseorang sedang menguji coba alat rapid test antigen dengan cara diteteskan dengan air keran.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 25 April 2021  |  15:09 WIB
Calon penumpang melakukan rapid test antigen di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (18/12/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) menyediakan layanan tes Covid-19 di Bandara Soetta guna memudahkan calon penumpang dalam melakukan perjalanan udara dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.  - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti\r\n
Calon penumpang melakukan rapid test antigen di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (18/12/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) menyediakan layanan tes Covid-19 di Bandara Soetta guna memudahkan calon penumpang dalam melakukan perjalanan udara dengan tetap memenuhi protokol kesehatan. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan seseorang sedang menguji coba alat rapid test antigen dengan cara diteteskan dengan air keran.

Disebutkan bahwa setelah alat rapid test antigen diberikan air keran hasilnya menunjukkan positif Covid-19. Video tersebut disertai narasi "Covid yg bikin confused Swab uji tes antigen dgn tetes air keran dan apa yg terjadi, air pun positif kopit".

Berdasarkan informasi pada situs resmi Kominfo dikutip Minggu (25/4/2021), klaim alat rapid test antigen jika diberikan air keran akan memberikan hasil positif adalah tidak benar atau hoaks.

Prof. Bimo A. Tejo Ph.D, Ilmuwan Kimia & Bioteknologi Universiti Putra Malaysia menjelaskan hasil rapid test menjadi positif saat menggunakan air keran karena tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh pabrikan alat rapid test tersebut.

Dalam video yang beredar, pengujian tidak memakai larutan penyangga (buffer) yang seharusnya dipakai saat menggunakan alat tersebut.

Pembuat video hanya meneteskan air keran dan menunggu hasilnya dalam beberapa saat.

Prof. Bimo lanjut menjelaskan bahwa alat rapid test antigen sangat sensitif terhadap keasaman (pH) sampel yang digunakan. Oleh sebab itu sampel swab hidung harus dimasukkan ke dalam larutan penyangga (buffer) supaya keasamannya stabil di kisaran pH 7-8.

KATEGORI: HOAKS

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona hoax Covid-19 Rapid Test Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top