Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Bumi, Program WASH Hijaukan Bantaran Sungai Citarum Diluncurkan

Program WASH bertujuan untuk meningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan menyediakan akses air bersih, sanitasi yang sehat, kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta perbaikan lingkungan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 April 2021  |  13:58 WIB
Program WASH
Program WASH

Bisnis.com, JAKARTA – Yayasan Senyum Untuk Negeri (SUN) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), meluncurkan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021.

Program WASH bertujuan untuk meningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan menyediakan akses air bersih, sanitasi yang sehat, kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta perbaikan lingkungan.

Peresmian Program WASH 2021 ini ditandai dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum secara simbolis oleh para peserta kegiatan. Kegiatan peresmian ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi dan turut dihadiri oleh pemerintahan Kabupaten Karawang, perwakilan Yayasan Senyum Untuk Negeri yang didukung oleh Sampoerna.

“Dalam memperingati Hari Bumi, dan upaya penghijauan wilayah Kabupaten Karawang juga melihat situasi pasca banjir yang lalu, maka kita fokuskan penanaman ini dibantaran Sungai Citarum dalam upaya normalisasi Sungai Citarum Harum ini” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Wawan Setiawan dikutip dari keterangan tertulisnya.

Melalui program WASH, Yayasan SUN berupaya melakukan penghijauan dan meningkatkan serapan air di pinggiran Sungai Citarum dengan penanaman tanaman vertiver. Tidak hanya itu, program WASH juga akan fokus memberikan edukasi edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) serta fasilitas MCK komunal, fasilitasi sanitasi air, dan hidroponik di Kabupaten Karawang.

Menurut Chief Networking Officer Yayasan SUN Saefrudin, program ini berjalan menggunakan pendekatan multi-stakeholder, atau dengan mempertimbangkan ragam pemangku kepentingan di sekitar. Program ini juga mengikuti standar sertifikasi pemeliharaan berkelanjutan dari Aliansi Wali Sumber Daya Air (Alliance for Water Stewardship).

“Senyum Untuk Negeri dengan dukungan Sampoerna Untuk Indonesia berkomitmen penanaman akan berlanjut hingga mencapai total 10.000 pohon sepanjang bantaran sungai Citarum, guna upaya penghijauan bantaran sungai, mohon bantuan warga sekitar untuk merawat bersama pohon yang telah di tanam,” jelas Saefrudin.

Sampoerna mendukung Yayasan SUN dan program WASH sebagai komitmen tanggung jawab sosial perusahaan di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia. Melalui program WASH, Sampoerna berharap dapat turut mendukung peningkatan kualitas udara dan sanitasi di Kabupaten Karawang, serta penghijauan yang lebih luas untuk mencegah erosi di bantaran sungai Citarum.

Peluncuran program WASH turut dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan dinas terkait, termasuk Sekertaris Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, dan Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum. Kegiatan ini juga melibatkan tokoh masyarakat setempat seperti Komandan dan Anggota Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 19, Kepala Kecamatan Rengasdengklok, Kepala Desa Dewisari, Ketua RW, dan Ketua RT setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hari bumi sungai citarum
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top